Bupati Fahmi Akan Tindaklanjuti Rekom DPRD Paser dan Sesuaikan Tujuan, Target Pencapaian

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli akan menindaklanjuti rekomendasi yang disarankan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Paser, dalam Rapat Paripurna tentang penyampaian rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Paser Tahun 2023.

Rekomendasi  DPRD kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Paser meliputi, pembelajaran lampau melalui kerjasama dengan Widyagama Mahakam Samarinda, sosialisasi dan penyuluhan tentang pajak reklame yang merupakan pendapatan daerah berpotensi tinggi.

Kemudian, pengembangan ekonomi unggulan daerah, peningkatan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan iklim usaha, peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, Pemkab Paser juga disarankan agar melakukan kolaborasi pembiayaan publik privat partnership, sehingga pemerintah dapat menarik pembiayaan dari pihak swasta dan dapat mempercepat pembangunan infrastruktur serta mengurangi beban fiskal pemerintah.

Serta yang terakhir, Pemkab Paser juga disarankan untuk memaksimalkan penyerapan anggaran agak tidak terjadi silva, memaksimalkan dan menyesuaikan program Organiasi Perangkat Daerah agar kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan tema pembangunan.

“Kami akan membahas semua rekomendasi yang disampaikan ketua DPRD Kabupaten Paser tersebut pada rapat OPD untuk segera ditindaklanjuti, dan kami juga akan menyesuaikan antara tujuan dan target yang dicapai sesuai dengan visi Paser MAS,” kata Bupati Fahmi usai mengikuti Rapat Paripurna, di Ruang Rapat Baling Seleloi DPRD Kabupaten Paser. Senin, (22/04/2024).

Bupati Fahmi mengungkapkan, agar tidak terjadi Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) dalam hal ini Pemkab akan berupaya mempersiapkan perencanaan yang lebih matang lagi dari sebelumnya.

Selain itu, dalam hal peningkatan pendapatan daerah, menurutnya perlu adanya inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan retribusi pajak melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Paser.

Pemkab juga akan melakukan koordinasi-koordinasi  dan upaya-upaya untuk meningkatkan pajak daerah, agar pendapatan daerah di Kabupaten Paser meningkat, salah satunya dengan memprioritaskan layanan berbasis digital.

“Dengan diprioritaskannya pelayanan online atau pelayanan berbasis digital, nantiinya persentase untuk wajib pajak dalam menyelesaikan kewajibannya bisa terdeteksi dengan baik,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *