Bupati Fahmi Audiensi Dengan Menkop UKM, Pemkab Paser Usulkan Wadah UMKM Dan Pasar Tematik

JAKARTA – MCKabPaser – Dalam rangka pengembangan UMKM dan pemasaran produk pelaku usaha di Bumi Daya Taka, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melakukan audiensi dengan Kementerian Koperasi dan UKM( Kemenkop UKM) RI, di Ruang Rapat Manteri Lt.8 MenkopUKM, Selasa (26/7/2022).

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli yang didampingi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Paser Hairul Saleh diterima Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki didampingi Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro.

Turut hadir pula mendampingi Bupati Paser, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang.

Dalam audiensi tersebut Pemerintah Kabupaten Paser mengusulkan wadah khusus bagi UMKM dan pasar tematik. Pasar tematik adalah pasar rakyat yang akan memperdagangkan produk-produk unggulan UKM daerah setempat.

Diketahui bahwa pasar tematik  adalah salah satu program Kemenkop UKM  RI untuk mendukung tumbuhnya koperasi dan UKM di daerah. 

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli (kiri) memberikan cendramata kepada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di ruang rapat Kantor Kemenkop UKM.

Oleh karenanya Menkop UKM Teten Masduki menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kunjungan Bupati Paser beserta rombongan, dan pihaknya akan mendukung  pembangunan pasar tematik di Kabupaten Paser.

Menurut Bupati Fahmi, kunjungan ini adalah salah satu upaya Pemkab Paser dalam memperoleh anggaran pusat untuk pembangunan di sektor ekonomi khususnya dalam menata UMKM di Kabupaten Paser.

Untuk itu, Bupati Fahmi meminta kepada Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM agar segera menindaklanjuti hasil audiensi bersama Menteri Koperasi dan UKM tersebut.

“Untuk Disperindagkop dan UMKM agar segera mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dalam pemenuhan administrasi usulan yang telah disampaikan,” kata Bupati Fahmi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Paser Hairul Saleh menjelaskan Pada tahun ini Pemkab Paser telah menganggarkan pembangunan pusat UMKM yang rencananya akan ditempatkan di Siring Sungai Kandilo.

Dari kegiatan yang telah dianggarkan itu lanjut Hairul, Pemkab juga mencoba mengusulkan melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) di Kemenkop UKM untuk pembangunan pasar tematik dan wadah UMKM.

“Dengan adanya kunjungan Bupati Paser dr.Fahmi Fadli di Kemenkop UKM ini, pada tahun 2023 kita akan mendapatkan bantuan dari dua usulan tersebut,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemkab Paser selalu mencari peluang untuk membantu sistem penganggaran di daerah, karena bagaimanapun juga kalau berharap pada APBD makan akan terlambat untuk melaksanakan program-program yang sudah disusun Bupati. “Oleh karena itu kita selalu membuat terobosan ke Pemerintah Pusat untuk mencari anggaran-anggaran sehingga program yang ada bisa lebih cepat dilaksanakan,” tutupnya.

(Tim Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser).

Total Views: 33 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.