Bupati Paser Hadiri Rakor Inspektur Se-Indonesia Dalam Rangka Penandatangan MoU APIP Dengan APH

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) Inspektur Daerah seluruh Indonesia Tahun 2023 secara virtual di Command Center Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Gedung E komplek perkantoran Gentung Temiang kilometer lima. Rabu (25/1/2023).

Diikuti lebih kurang 700 peserta seluruh Indonesia secara hybrid ini merupakan tindak lanjut dari Rakor Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia yang dibuka Presiden RI Joko Widodo di Sentul pada (17/1/2023) lalu.

Terpusat di Hotel Borobudur Jakarta yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian yang juga dihadiri Jaksa Agung ST Burhanuddin, adalah dalam rangka penandatanganan kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Republik Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

Soal Penanganan Laporan Atau Pengaduan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah untuk menyatukan persepsi dan sinergi antara penegak hukum dengan pengawas internal pemerintah. 

Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, Mendagri Tito secara khusus meminta kepada APIP untuk benar-benar mengawal pelaksanaan anggaran sehingga menjadi efektif, efisien, dan tepat sasaran.

“Diharapkan teman-teman APIP ini benar-benar memberikan pendampingan agar anggaran tepat sasaran, penyusunan program harus betul-betul menyentuh ke masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk lebih memperkuat peran APIP, Rakor ini dirangkai pula dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU tentang Kerja Sama APIP dengan APH dalam Penanganan Pengaduan serta launching aplikasi APIP Lapor.

Dalam Rakor tersebut Bupati Paser didampingi Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, Kepala Kejaksaan Negeri Paser Rajendra Dharmalinga Wiritanaya dan Inspektur Inspektorat Kabupaten Paser Dharni Hariyati.

Sementara itu Inspektur Inspektorat Kabupaten Paser Dharni Hariyati mengatakan koordinasi APH dengan APIP di Paser itu sudah jalan.

Karena perpanjangan MoU yang harus segera diberlakukan, maka bersamaan dengan Rakor Inspektorat se-Indonesia ini penandatangan Mou APH dan APIP Kembali dilakukan.

“Selama ini setiap kali ada pengaduan dari masyarakat yang memenuhi kriteria, kami dari Inpektorak akan menindaklanjuti,” kata Dharni.

Menurutnya, dengan hadirnya Bupati beserta Kapolres dan Kejari dalam Rakor ini merupakan hal yang positif.

“Karena respon Bupati, Kapolres serta Kejari terhadap kondisi APH dan APIP koordinasinya sudah sangat bagus,” pungkasnya.

Dharni menambahkan, dengan adanya Rakor ini semakin memperjelas dari sisi APH maupun Inspektorat selaku APIP dan semakin bersinergi sehingga dapat menjadi lebih baik lagi. (MCKabPaser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *