Petugas Rutan Paser Ikuti Pelatihan Fisik di Brimob

Tana Paser – Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIb Tanah Grogot Kabupaten Paser mengikuti pelatihan mental dan fisik di Brimob Kompi 2 Batalyon C pelopor, Selasa (21/06/2022).

Kegiatan diawali dengan penempaan fisik dan mental, dilanjutkan dengan pengenalan dan perawatan serta penggunaan senjata api. “Senjata yang digunakan bervariasi diantaranya senjata tipe AK 101, pistol HS 9 milik, hingga senjata shotgun yang merupakan inventarisasi Rutan Tanah Grogot,” kata Wakil Komandan Kompi 2 Batalyon C pelopor, Ipda Yudi Yonathan.

Pada kesempatan itu, Brimob Kompi 2 Batalyon C Pelopor mengulas secara mendalam tentang senjata api kepada petugas rutan. “Tujuannya agar petugas lebih memahami dan menguasai sarpras penunjang tugas keamanan,” ujarnya.

Menurut Yonathan, sebagai petugas pengamanan penting bagi mereka memiliki fisik yang prima dan keterampilan yang mumpuni terkait penggunaan senjata.

Sementara itu, Kepala Rutan Paser Doni Handriansyah mengatakan pembinaan fisik bekerjasama dengan Brimob itu, dalam rangka membentuk kedisiplinan dan fisik para petugas.

“Agar mereka menjadi insan pemasyarakatan yang memiliki mental dan fisik yang prima,” katanya.

Mental dan fisik, lanjut Doni, merupakan indikator penting dalam melaksanakan operasionalisasi tugas dan fungsi pemasyarakatan.

Adapun pengenalan senjata api milik rutan bertujuan agar semua memahami cara penggunaan hingga perawatan, karena perawatan senpi tidak kalah pentingnya, ucapnya.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 15 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *