Bupati Paser Hadiri Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

JAKARTA, MCKabPaser – Bupati Paser dr Fahmi Fadli didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana dan Pimpinan Bankaltimtara cabang Tanah Grogot Yudi Susatyo menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di ballroom Hotel Le Maridien Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Rakornas dipimpin langsung oleh Presiden RI yang diwakili ketua Satgas P2DD Airlangga Hartarto beserta Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro Iskandar Simorangkir, dihadiri juga oleh Menkominfo RI Johnny Gerard Plate, Gubernur Bank Indonesia, serta para Gubernur dan Kepala Daerah se – Indonesia selaku Ketua TP2DD di daerah.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) telah menginisiasi beberapa langkah nyata untuk mempercepat implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital masyarakat.

Sejak Penetapan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satgas P2DD pada Maret 2021, Satgas P2DD yang diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan beranggotakan Gubernur Bank Indonesia dan 6 Menteri terkait telah berhasil mendorong penguatan kelembagaan, tata kelola dan tata laksana, serta mekanisme monitoring dan evaluasi berbasis digital.

TP2DD dibentuk sebagai dorongan dalam mengimplementasikan (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) ETPD serta mendukung program digitalisasi pembayaran transaksi masyarakat, keuangan inklusif dan ekonomi, serta keuangan digital yang merupakan target bersama oleh pemerintah sehingga adanya roadmap ini menjadi fokus bersama dalam menjalankan pekerjaan rumah di masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Pemerintah pusat melihat ke depan, pertumbuhan ekonomi akan masih diikuti dengan penurunan Purchasing Managers Index (PMI), dimana beberapa negara sudah lebih rendah dari Indonesia. Kemudian Indonesia tercatat berada di level 50,3 pada November 2022.

“Kemarin 50,3, ada 11 sektor kontraksi dan juga penurunan purchasing order terutama untuk sektor manufaktur,” Ujar Airlangga.

Selain itu Airlangga berpesan pada seluruh Kepala Daerah dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi salah satunya melalui P2DD.

“Kami berpesan kepada seluruh agar Kepala Daerah, Gubernur, Bupati dan Walikota, untuk bersama-sama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Airlangga.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Paser Adi Maulana mengatakan Pemerintah Kabupaten Paser akan mendukung Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Paser.

“Ya, Paser akan selalu mendukung, kendala kita saat ini untuk percepatan dan perluasan digitalisasi daerah yaitu pada infrastruktur,” Ujar Asisten Ekbang tersebut.

Tim Media Center DKISP Paser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *