Bupati Paser Izin ke MenPAN RB Lantik Pejabat Fungsional Sebelum Ukom

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menyampaikan permasalahan penataan birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser (Pemkab) kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan RB RI) Abdullah Azwar Anas.

Hal itu ia sampaikan saat Rapat Koordinasi (Rakor) Administrasi Pembangunan (Adbang) se-Kalimantan Timur, di Hotel Kryad, Tanah Grogot Selasa (5/3/2024).

“Pada 31 Desember 2021 lalu, sesuai aturan Kemenpan RB RI, Pemkab Paser telah melantik 294 pejabat eselon empat menjadi pejabat fungsional muda ke dalam 28 jenis jabatan fungsional,” kata Bupati.

Hingga saat ini, 294 pejabat tersebut jumlahnya semakin berkurang lantaran sebagian mereka telah pensiun, pindah ke daerah lain dan promosi.

Sementara jabatan yang mereka tinggalkan tidak bisa secepatnya diisi, karena harus melalui uji kompetensi (ukom)

“Yang menjadi masalah, uji kompetensi ini belum bisa dilaksanakan karena kami masih menunggu pembinaan dari pemerintah pusat,” kata dr. Fahmi Fadli.

Bupati menilai, hal ini menyebabkan beberapa unit kerja di lingkungan Pemkab Paser menjadi pincang.

Sementara, dalam jabatan sebagai Bupati yang cukup singkat dan tidak sampai lima tahun, dituntut untuk berlari kencang meraih cita-cita dalam visi dan misi yaitu Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (Paser MAS),” katanya.

“Karena itu kami ingin bertanya, apakah boleh jabatan tersebut kami isi terlebih dahulu sambil menunggu kapan Pemerintah Pusat Melaksanakan uji kompetensi di daerah,” kata Bupati.

Bupati Fahmi dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, terutama Biro Administrasi Pembangunan yang tahun ini mempercayakan Kabupaten Paser sebagai tuan rumah kegiatan ini.

“Kami akan sangat bersyukur jika rapat koordinasi ini dapat membawa pengaruh yang positif kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Paser,” ucapnya.

Rakor dengan tema peran penting administrasi pembangunan dalam memperkuat sinergitas pembangunan itu dibuka oleh Menpan-RB RI Abdullah Azwar Anas uang juga menjadi pembicara di kegiatan ini. Juga turut hadir Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik.

Pewarta: Asmaul, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *