Kabupaten Paser Raih Adipura Kedua Kalinya

Tana Paser – Kabupaten Paser kembali meraih penghargaan Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia kedua kalinya atas keberhasilan pemerintah daerah dalam pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Achmad Safari, di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Alhamdulillah, ini adalah hasil kerja kita bersama. Harapannya adalah Kesadaran dan perilaku kita dalam mengelola sampah yang dihasilkan semakin meningkat,” kata Safari dihubungi di Tanah Grogot.

Safari menambahkan, pencapaian ini menjadi dapat memotivasi pemerintah daerah untuk meningkatkan sinergitas dengan berbagai pihak dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik dan lebih bersih.

Kedepan, lanjut dia, DLH Paser akan membuat inovasi sehingga kedepan semakin sedikit sampah yang masuk ke Tempat Pembuang Akhir (TPA).

“Karena sampah telah dikelola di tahapan-tahapan sebelumnya,” ujarnya.

Pengelolaan lingkungan kota yang sudah berjalan, kata Safari, melibatkan partisipasi masyarakat seperti Forum RT yang mengelola sampah lingkungan secara mandiri.

DLH Paser memfasilitasi forum RT dengan memberikan kendaraan roda tiga agar mereka bisa mengelola sampah secara mandiri.

Upaya itu dilakukan akibat adanya kebijakan pemusnahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di sejumlah ruas jala Kota.”Secara bertahap DLH memusnahkan TPS sampai tidak ada lagi TPS di pinggir jalan guna menjaga estetika kota,” ucap Safari.

DLH Paser juga melakukan pembuangan gas metan, dan memanfaatkan sebagiannya menjadi bahan bakar masak yang terbentuk dari timbunan sampah di TPA, tutup Safari.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *