Bupati Paser : Penguasaan SAKIP Idealnya Dimiliki Oleh Setiap Pejabat Tinggi Maupun Level Di Bawahnya

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Kemampuan dan penguasaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) idealnya harus dimiliki oleh setiap pejabat di level paling tinggi sampai ke level yang paling rendah di setiap perangkat daerah, karena sangat pentingnya SAKIP maka kemampuan dan penguasaan secara baik dan benar menjadi persyaratan utama yang harus dipenuhi.

Hal itu dikatakan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat membuka Coaching Clinic, Jumat (15/12/2023) malam, dalam rangka pengayaan dan pendalaman materi tentang SAKIP yang diikuti seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan berlangsung selama tiga hari, di Hotel Grand Jatra Balikpapan.

Kegiatan ini jug merupakan upaya Pemkab Paser dalam meningkatkan predikat SAKIP di tahun mendatang, karena sebelumnya Kabupaten Paser telah meraih penghargaan SAKIP dengan predikat dari CC ke level B.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas, di Nusa Dua Bali, Rabu (06/12/2023).

Bupati Fahmi menyebutkan, SAKIP adalah salah satu fokusnya, untuk itu pencapaian kinerja pemerintah Kabupaten Paser tahun berikutnya harus lebih meningkat lagi.  Diharapkan dengan adanya coaching clinic ini para Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Paser ada peningkatan pemahaman akuntabilitas kinerja dan juga semakin terbangunnya komitmen.

“Dengan demikian akan mendorong praktik yang baik dalam pelaksanaan SAKIP di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten Paser,” ujar dr. Fahmi.

Setelah coaching clinic ini lanjut dr. Fahmi, para kepala OPD segera melakukan koordinasi dan konsolidasi di internal instansi masing-masing.

“Saya minta agar Laporan Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2023, yang disusun tahun 2024 harus lebih baik,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *