Bupati Paser Tanggapi Keluhan Warga Tentang Pelayanan Air Bersih Perumda Tirta Kandilo

TANA PASER, MCKabPaser –  Menanggapi keluhan masyarakat tentang pelayanan Air bersih di Kabupaten Paser yang diselenggarakan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kandilo.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melakukan pertemuan dengan jajaran direksi Perumdam Tirta Kandilo bersama dengan Asisten Ekonomi Pembangunan, Adi Maulana. Dewan Pengawas Perumdam Tirta Kandilo, Ina Rosana. Serta Direktur Perumdam Tirta Kandilo Suryanto Agustono, di Ruang Rapat Perumda Tirta Kandilo, Selasa (27/6/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli memaparkan semua keluhan masyarakat terhadap pelayanan air bersih, ia menginkan permasalahan ini segera di selesaikan.

Bupati Fahmi menyebutkan ada beberapa keluhan masyarakat terkait pelayanan air bersih, diantaranya masyarakat kerap kali mengeluh karena air tidak mengalir, tidak hanya satu hari, bahkan beberapa hari.

Masyarakat sering kali menerima kualitas air yang disalurkan Perumdam Tirta Kandilo masih berada jauh dari kata layak.

“Saya menerima aduan dari masyarakat, bahwa air yang sampai kerumah warga warnanya keruh dan juga berlumpur,” ujarnya.

Selain itu, masalah pembayaran tagihan air sejumlah masyarakat mengeluhkan dan merasa heran lantaran pembayaran air mengalami kenaikan yang tinggi.

Dari beberapa keluhan masyarakat tersebut, Bupati Fahmi meminta kejelasan pihak Perumdam Tirta Kandilo dan duduk bersama mencari solusi atas permasalahan yang dialami masyarakat tersebut.

“Hal ini perlu mendapatkan solusi agar tidak berlanjut yang pada akhirnya dapat menurunkan tingkat pelayanan Perumdam Tirta Kandilo,” terangnya.

Perumdam Tirta Kandilo harus kembali pada tujuan awal terbentuknya Perumdam Tirta Kandilo sebagai penyedia jasa Air Minum. Untuk itu ia menegaskan kepada jajaran Direksi Perumdam Tirta Kandilo untuk segera menyusun rencana pembangunan jangka pendek dan juga jangka menengah.

“Pelayanan air bersih merupakan salah satu Visi Pemerintah Kabupaten Paser yang tertuang dalam Visi Paser Mas,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur Perumda Tirta Kandilo Suryanto Agustono menjelaskan permaslahan yang dikeluhkan masyarakat tersebut dikarenakan beberapa hal.

Diantaranya, kondisi air baku yang saat ini semakin buruk terutama pada saat musim penghujan air akan menjadi lebih keruh dan pada saat kemarau Volume air baku juga mengalami pengurangan.

“Mengatasi permasalahan tersebut, kami memerlukan penambahan Instalasi jaringan air bersih dan peremajaan pipanisasi di wilayah Kota Tanah Grogot,” jelasnya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Adi Maulana meminta kepada pihak Perumdam Tirta Kandilo untuk segera membuat perencanaan pembangunan instalasi baru dan pelaksanaan peremajaan pipanisasi.

“Dengan segala permasalahn yang ada maka harus segera dilakukan penyusunan perencanaan jangka pendek dan jangka panjang, sehingga permasalahan air bersih ini bisa teratasi,” ucap Adi Maulana.

Di sisi lain Dewan Pengawas Perumdam Tirta Kandilo Ina Rosana menegaskan bahwa, pihaknya bersama dengan Direksi Perumdam Tirta Kandilo telah berkoordinasi untuk melaksanakan setiap arahan Bupati Paser.

Yakni berkaitan dengan penempatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat. Kemudian melaksanakan penyusunan perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang.

“Segera kami lakukan persiapan, terutama pada ketersediaan SDM yang berkompeten, sehingga benar-benar mampu melaksanakan pelayanan penyaluran air bersih kepada masyarakat,” pungkasnya. MC. Kab. Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *