Bupati Paser Upayakan 11 Desa Teraliri Listrik, Salah Satunya Luan

TANA PASER, MCKabPaser – Saat ini Pemkab Paser tengah berupaya agar 11 desa pada 2022 ini dapat teraliri listrik. Hal itu dikatakan Bupati Paser dr.Fahmi Fadli saat berdialog dengan warga Desa Luan di Ruang Kerja Bupati, Jumat (20/5/2022).

Turut  mendampingi Bupati Paser, Asisten Ekonomi dan Pembangunan  Adi Maulana dan Kabag SDA Setda Paser.

Kedatangan rombongan warga Luan  yang dipimpin Kepala Desa Luan Sukatmin, adalah untuk mendengarkan langsung penjelasan Bupati Paser terkait pemasangan aliran listrik di desa itu.

Karena warga Desa Luan Kecamatan Muara Samu sangat menginginkan desanya teraliri listrik PLN, tak hanya tokoh masyarakat yang hadir, ibu-ibu pun turut hadir menemui orang nomor satu di Kabupaten Paser Itu.

Kades Luan Sukatmin mengungkapkan, meskipun desa mereka saat ini sangat dikenal karena potensi Wisata Gunung Embunnya atau Gunung Boga, akan tetapi warganya belum bisa menikmati listrik dari PLN.

Selama ini lanjut Sukatmin, warganya terpaksa harus menyiapkan puluhan liter BBM setiap minggunya untuk memenuhi kebutuhun listrik di desa itu dengan bantuan mesin genset. 

Sukatmin bersama sejumlah tokoh masyarakat dan ibu-ibu Desa Luan, sangat berharap ada kebijakan Pemkab Paser.

Ia menambahkan, akibat belum masukuya jaringan listrik di desa Luan, warganya  mulai gelisah. Sehingga, warganya meragukan kinerja pemerintahan desa.

“Dikarenakan pernah adanya isu 2022 ini desa Luan akan teraliri listrik PLN,  itu membuat warga saya pak Bupati menjadi gelisah” tuturnya.

Menaggapi harapan warga Desa Luan itu Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan pihaknya saat terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan listrik PLN di desa.

Tentunya tak hanya melalui PLN, dukungan anggaran juga dilakukan pemerintah pusat melalui Kementerian SDM.

“Saya inginnya 2022 ini sebelas desa tersebut sudah dialiri listrik PLN.  Dikarenakan kewenangan dan anggaran PLN ada pada pemerintah pusat, sehingga dilakukan secara bertahap selama dua tahun yakni 2023 hingga 2024” Jelasnya.

Berdasarakan hasil pertemuan dengan PLN beberapa waktu yang lalu, Dari 11 pada 2022 ini dipastikan Desa Muara Andeh akan terpasang jaringan listrik dari PLN.

“Meskipun 2022 ini hanya Muara Andeh yang akan terpasang jaringan listrik PLN, untuk Desa Luan, tetap kami upayakan salah satunya melalui bantuan PT Kideco, dan dalam waktu dekat kita agendakan pembicaraan dengan pimpinan Kideco,” tutupnya.

(Tim Media Center Diskominfostaper Kabupaten Paser)

Total Views: 9 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *