Cegah COVID-19, DLH Paser Bekali APD dan Vitamin Bagi Petugas Kebersihan

TANA PASER, MCKabPaser – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser membekali Alat Pelindung Diri (APD) dan vitamin bagi petugas pengangkut sampah atau limbah infeksius dari pasien positif COVID-19 maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang dikarantina di hotel Kyriad Sadurengas.

“Petugas dilengkapi APD lengkap seperti masker, sarung tangan, sepatu boat, face sheld, kaca mata google dan rutin diberikan vitamin,” kata Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH Paser Harjana, Selasa (2/6).

Harjana mengatakan petugas mulai mengambil sampah sekitar pukuk 09.00 WITA. Sebelum bekerja, petugas dicek suhu tubuh.

Khusus untuk mengangkut limbah infeksius ini kata Harjana DLH Paser mengerahkan lima petugas yang setiap hari mengangkut sampah dari kedua tempat tersebut.

APD yang digunakan petugas lanjut ia, digunakan sekali pakai. “Ya, seperti baju digunakan sekali pakai,” katanya.

Untuk limbah infeksius dari pasien COVID-19 atau ODP tersebut kata Harjana tidak disatukan dengan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sampah tersebut menurutnya dibakar di sebuah insenator, atau tempat pembakaran khusus yang ada di RSUD Panglima Sebaya.

“Limbah infeksius dibakar di insenerator RSUD,” ujar Harjana.

Penggunaan APD bagi petugas kebersihan kata Harjana merupakan protokol yang harus dijalani guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Karena limbah atau sampah dari pasien COVID-19 berpotensi menularkan virus, makanya petugas menggunakan APD,” ucap Harjana.

Total Views: 1260 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *