Damkar Paser – PT. WIKA Rekon Jalin Kerjasama Pelatihan Penanganan Kebakaran

Tana Paser – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Paser menjalin kerjasama pelatihan penanggulangan bahaya kebakaran dan penyelamatan dengan PT. Wika Rekayasa Kontruksi (PT. WIKA Rekon).

Kerjasama kedua belah pihak ditandai dengan penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (SPKS) antara Kepala Dinas Damkar Paser M. Lukman Dharma dengan Manajer Proyek CCS dan Loading Terminal Tanah Grogot Septian Wijinear, di Site Proyek kontruksi Conveyor Belt, Desa Tampakan, Kecamatan Batu Engau, Rabu (21/2).

Turut menyaksikan Kabid Pencegahan Kebakaran Damkar, Teguh Haryanto.

“Kerjasama ini untuk memberikan pelatihan kepada karyawan perusahaan agar memiliki keterampilan dalam penanggulangan bencana kebakaran dan penyelamatan,” kata Kepala Dinas Damkar Kabupaten Paser, M. Lukman Dharma.

Lukman mengatakan pelatihan akan memakan waktu enam bulan kedepan. “Kami jadwalkan selesai di bulan Juni,” katanya.

Kata Lukman, kerjasama Dinas Damkar Paser dengan dunia usaha ini baru pertama kali dilaksanakan.

“Dinas Damkar melakukan sudah memberikan pelatihan dan simulasi penanggulanan kebakaran ke sekolah-sekolah, rumah sakit, puskesmas, dan klinik.

Sementara Kaabid Pencegahan Kebakaran Damkar Paser, Teguh Haryanto, mengatakan instuktur tenaga penyelamatan dan inspektur merupakan pegawai Damkar yang sudah mendapat pendidikan.

Selama enam bulan, kata Teguh, karyawan perusahaan diberikan materi pelatihan mulai dari penanggulangan bahaya kebakaran, penangangan limbah dan bahaya beracun, dan penanganan ancaman binatang melata dan binatang buas.

“Kami juga berikan keterampilan saat berada di ketinggian serta tanggap darurat gempa bumi,” kata Teguh.

Dari beberapa materi tersebut, Damkar Paser sudah memberikan pelatihan tentang penanggulangan bahaya kebakaran.

“Hari ini peserta mengunjungi Kandilo Plaza untuk inspeksi sarana proteksi kebakaran. Mereka juga mempraktikan cara perawatan alat pemadam api ringan (APAR) kepada pedagang Plaza Kandilo,” ujar Teguh.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *