Dishub Paser Presentasikan Panji-Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perhubungan Provinsi Kaltim

SAMARINDA, MCKabPaser – Dinas Perhubungan (Dishub) Paser melakukan presentasi pemilihan penghargaan panji-panji keberhasilan pembangunan bidang perhubungan tahun 2022. Acara dilaksanakan di Dinas Perhubungan Provinsi, Rabu (31/08/2022).

Kepala Dinas Perhubungan Paser Inayatullah didampingi oleh Kepala bidang (kabid) Perhubungan Darat Dishub, Kabid Inpraswil Bappedalitbang, Kabid Bina Marga Dinas PUTR dan Kasatlantas Polres Paser.

Tim penilai sendiri berasal dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur yakni Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Andik Wahyudi, Bappeda Prov Kaltim, Dinas PUTR Prov Kaltim, Ditlantas Polda Kaltim serta wakil Akademisi Provinsi Kaltim.

Kepala Dinas Perhubungan Paser Inayatullah menjelaskan ini merupakan pemilihan penghargaan panji-panji keberhasilan pembangunan di bidang perhubungan yang dilaksanakan sejak bulan Juli 2022.

Dibulan Juli tahun 2022 itu kata Inayatullah merupakan penyampaian dokumen administrasi dari Dinas perhubungan Kabupaten Kota se-Kaltim.

Inyatullah menjelaskan dokumen yang disiapkan berupa administrasi, data survei, dokumentasi survei, dan lampiran-lampiran.

Beberapa hal yang disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Paser Inayatullah kepada tim penilai sebagai berikut

Pertama, bidang angkutan yaitu adanya angkot, angkutan desa dan AKDP di Kabupaten Paser dimana untuk AKDP secara bertahap telah dilakukan peremajaan dari MPU menjadi Bus dengan perbandingan 2:1.

Kedua, bidang sarana yaitu adanya UPTD PKB yg telah mendapatkan akreditasi B sejak tahun 2019 bahkan akan diusulkan ke akreditasi A pada tahun ini karna telah melaksanakn e-KIR.

Ketiga, bidang prasarana yaitu adanya terminal tipe C di tanah grogot dan di kuaro bahkan untuk terminal di tanah grogot telah terintegrasi dengan halte sungai pada tahun ini.

Keempat, bidang lalu lintas yaitu adanya 5 ruas jalan di tanah grogot yang telah memenuhi standar jalan yang berkeselamatan yaitu Jl Kusuma Bangsa, Jl Jend Sudirman, Jl RM Noto Sunardi, Jl Basuki Rahmat & Jalan Komplek Perkantoran dimana kec rata2, v/c ratio, kondisi geometrik dan ketersediaan perlengkapan jalan sesuai dengan yang disyaratkan bahkan sejak tahun ini akan menerima pengelolaan LPJU tenaga surya dari KemenESDM.

Kelima, bidang umum yaitu adanya kawasan tertib lalu lintas, adanya pengoperasian cctv di perempatan jalan, adanya kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan transportasi, adanya kampanye sadar lalu lintas, adanya pengelolaan parkir di tepi jalan, adanya pemeliharaan rutin LPJU bhkn sjk thn ini akan melaksanakan fuel card dan tahun depan e-Parking yg sedang diproses oleh Bagian Hukum Peraturan Bupati dan Surat Edarannya.

Ia berharap dengan hal yang disampaikan kepada Dinas Perhubungam Provinsi dapat membuat Kabupaten Paser mendapatkan penghargaan panji-panji keberhasilan pembangunan bidang perhubungan di tahun 2022.

“Semoga semua usaha kita ini mendapatakan hasil terbaik,” tutup Inayatullah.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *