DKISP Paser Ikuti Bimtek Kebijakan Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik 2023

Balikpapan, MCKabPaser – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kebijakan Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik Tahun 2023 di Grand Jatra Hotel Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Selasa (15/8/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong secara virtual, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal, Pranata Humas Ahli Muda DKISP Paser Dwi Wahyudi, dan para perwakilan Kabupaten/Kota se Kalimatan Timur.

Narasumber pada kegiatan ini yakni Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen IKP Kementerian Kominfo Hasyim Gautama, Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PAN RB, Yanuar Ahmad dan Kepala Subbagian Monitoring dan Analisis Berita dari Bagian Manajemen Strategi Komunikasi Kementerian Keuangan Devy Listia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong secara virtual mengatakan saat ini perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membuat masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan pendapat atau opini dan aspirasinya secara langsung di berbagai platform media sosial, tidak lagi hanya di media arus utama (mainstream).

Menurut Usman Kansong, pemantauan opini dan aspirasi publik tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui seberapa besar terpaan isu atau pemberitaan tentang institusi pemerintah, namun juga bermanfaat sebagai mitigasi krisis.

“Dari sekian banyak krisis yang ditangani, banyak potensi krisis yang terdeteksi pada saat pemantauan di media sosial dan media massa,” imbuh Dirjen Usman.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo telah menetapkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika, yang di dalamnya antara lain mengatur terkait pengelolaan opini dan aspirasi publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Faisal mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya bimtek ini yakni seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dapat meningkatkan kompetensi para Pranata Humas, terutama dalam Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik.

“Kita dapat memanfaatkan pengetahuan yang didapat untuk meningkatkan implementasi pengelolaan opini dan aspirasi publik di daerah,” Ujar Faisal.

Penulis : Dwi Wahyudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *