DP2KBPP3A Paser Roadshow PPRG ke Kecamatan

TANA PASER, MCKabPaser – Dalam mewujudkan Kabupaten Paser responsif gender, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBPP3A) melakukan roadshow ke 10 kecamatan tentang Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) sejak 12 hingga 30 Juni 2021.

“Itu kami lakukan mengingat masih adanya kendala dalam pelaksanaan PPRG di desa,” kata Kepala DP2KBPP3A Paser Hadijah, Rabu (23/06/2021).

Hadijah mengatakan PPRG merupakan sebuah kerangka kerja atau alat analisis untuk mewujudkan keadilan dalam penerimaan manfaat pembangunan. PPRG adalah bentuk implementasi dari penganggaran berbasis kinerja. Dalam PPRG, pengelolaan anggaan menggunakan analisas gender pada input, output dan outcome.

“Perencanaan dan penganggaran mengintegrasikan aspek keadilan (equity) sebagai indikator kinerja, setelah pertimbangan ekonomi, efisiensi dan efektifitas. Dengan demikian Anggaran Responsif Gender (ARG) menguatkan secara signifikan kerangka penganggaran berbasis kinerja lebih berkeadilan,” tuturnya.

Sementara itu Kabid Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan pada DP2KBPP3A Paser, Kasrani menyampaikan bahwa perangkat daerah dan desa diwajibkan menyusun PPRG minimal dua kegiatan setiap tahun.

“Namun akan terus kami tingkatkan jumlah kegiatan yang disusun PPRG di setiap perangkat daerah dan desa,” katanya.

PPRG dilandasi pada prinsip anggaran berbasis kinerja yang dikenal singkatan 3E, yaitu ekonomis, efisien dan efektif, serta menambahkan prinsip equity.

Kegiatan itu, tambah dia, dilakukan dalam rangka mendukung program Bupati dan Wakil Bupati Paser, yaitu program Paser MAS (Maju Adil dan Sejahtera).

“Tujuan PPRG untuk meningkatkan pengetahuan mengenai proses perencanaan dan penganggaran, advokasi, serta untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan apartur dalam menyiapkan budgeting yang responsif gender,” ucap Kasrani. Foto : Istimewa

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 1156 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *