Jelang Pemilu DP2KBP3A Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Perempuan dalam Politik

Tana Paser – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas perempuan di bidang politik menjelang Pemilu 2024, di ruang rapat Sadurengas Sekretariat Daerah, Selasa (20/6).

Pada kegiatan ini DP2KBP3A menghadirkan dua narasumber yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paser Abdul Qayyim Rasyid dan Kabid Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Paser Hartono.

Ketua KPU Paser Qayyim menyampaikan materi tentang peran dan posisi kaum perempuan dalam politik. Sementara Hartono dari Kesbangpol menyampaikan Kapasitas Perempuan Dalam Politik, Ormas dan LSM.

“Peserta sosialisasi dari pengurus organisasi wanita dan gabungan organisasi wanita,” kata Kepala DP2KBP3A Paser, Amir Faisol.

Amir mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan perempuan tentang politik.Salah satunya adalah meningkatnya keterwakilan perempuan di legislatif pada di 2024. Diketahui sebelumnya dari 30 anggota legislatif, hanya enam diantaranya dari perempuan.

“Semoga bisa naik karena sekarang hanya 20 persen, dari 30 anggota legislatif hanya 6 orang perempuan,” ujar Amir.

Selain itu, lanjut Amir, dari sosialisasi tersebut ia juga berharap ada peningkatan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG).Menurut dia, indikator meningkatnya IDG dihitung dari persentase perempuan di legislatif, perempuan sebagai tenaga profesional, dan sumbangan pendapatan kaum perempuan.

“IDG kita masih rendah, masih di angka 65 persen. Sasaran kedepan semoga indek pemberdayaan gender meningkat dengan kami sering mengadakan kegiatan semacam ini,” ucap Amir.Amir meminta kepada peserta sosialisasi dapat menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan kepada anggota organisasi dan masyarakat tentang pentingnya peran perempuan politik.

Pewarta: Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *