Kabupaten Paser Raih Penghargaan IGA Kemendagri

TANA PASER, MCKsbPaser- Kabupaten Paser meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta Jumat.

Penghargaan IGA diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya mewakili Bupati Paser.

Katsul mengatakan penghargaan ini merupakan kali pertama bagi Kabupaten Paser.

“Untuk pertama kalinya Kabupaten Paser meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020,” kata Katsul.

Kabupaten Paser kata Katsul menerima penghargaan sebagai daerah inovatif bersama puluhan kabupaten/kota di Indonesia.

Ia berharap Raihan ini bisa dipertahankan di tahun berikutnya.

“Alhamdulillah, kita bisa mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten sangat inovatif, semoga prestasi ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan ditahun-tahun mendatang,”ujar Katsul

Atas penghargaan ini Katsul apresiasi Perangkat Daerah yang telah mengembangkan inovasi daerah hingga Paser bisa meraih penghargaan ini.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Perangkat Daerah yang telah melakukan inovasi, khususnya kepada Bappedalitbang Kabupaten Paser selaku koordinator penerapan inovasi daerah atas capaian ini.” ujar Katsul

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Paser, Muksin menjelaskan bahwa IGA merupakan penghargaan yang digagas oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri RI.

“Penghargaan ini bertujuan mengapresiasi inovasi pembangunan yang diterapkan oleh pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia,” ujar Muksin.

Kata Muksin ada lima kategori penghargaan yang diberikan dalam IGA 2020 ini, yaitu: Provinsi Terinovatif, Kabupaten/Kota Terinovatif, Kabupaten/Kota Terinovatif kategori daerah tertinggal, Kabupaten/Kota Terinovatif kategri kawasan perbatasan, dan Kabupaten/Kota Terinovatif kategori Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Alhamdulillah Kabupaten Paser merupakan satu-satunya kabupaten di Kalimantan Timur yang mendapatkan penghargaan IGA untuk kategori Kabupaten Terinovatif,” kata Muksin.

Ia pun berharap agar Perangkat Daerah bisa lebih termotivasi lagi untuk mengembangkan inovasi daerah pada tahun depan.

Bappedalitbang Paser, lanjutnya, telah membangun aplikasi sistem fasilitasi inovasi daerah (Sifida) untuk menfasilitasi penerapan inovasi daerah.

“Sifida ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk menghimpun seluruh inovasi Perangkat Daerah yang memenuhi syarat untuk selanjutnya diinput pada aplikasi yang dibangun oleh Balitbang Kemendagri. Semakin banyak inovasi yang dikembangkan, semakin besar potensi untuk mendapatkan penghargaan” jelasnya.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Total Views: 869 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *