Kaltim Steril, Pasar Senaken Tetap Buka dengan Protokol Kesehatan

TANA PASER, MCKabPaser – Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Paser menggelar rapat evaluasi penerapan Kaltim steril, di Kantor Bupati, Rabu (10/02/2021) sebagai tindaklanjut dari Instruksi Gubernur Kaltim Nomor 1 Tahun 2021.

Salah satu hasil rapat tersebut yakni pasar dan pusat perbelanjaan tetap buka selama kebijakan Kaltim Steril, dengan catatan menerapkan protokol kesehatan.

“Aktivitas ekonomi tetap dibuka namun tidak sepenuhnya, tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana.

Dalam instruksinya, Gubernur Kaltim menekankan delapan poin penting tentang pencegahan Covid-19 salah satunya di poin empat soal pembatasan aktivitas masyarakat pada Sabtu dan Minggu.

Ina mengatakan pasar Induk Senaken tetap buka pada Sabtu dan Minggu hingga siang hari.

“Siang hari ada penyemprotan disinfektan dan setelah itu aktivitas kembali normal, dengan protokol kesehatan,” ujar Ina.

Aktivitas masyarakat di pasar lanjut Ina akan diperketat dengan mewajibkan menggunakan masker dan menerapakan 5M sesuai Intrusksi Gubernur.

Perketatan penerapan protokol juga akan diterapkan di berbagai tempat seperti Plaza Kandilo, dan rumah makan.

“Kita memberikan kebijaksanaan di rumah makan untuk hari Sabtu dan Minggu hanya bisa dibawa pulang (take away),” ucap Ina.

Sedangkan pada Senin hingga jumat, aktivitas masyarakat tetap berjalan namun sesuai PPKM tahap kedua yakni pemberlakuan jam operasional hingga pukul 22.00 WITA dengan membatasi 50 persen jumlah pengunjung.

“PPKM harus dipatuhi, jika tidak akan diberikan sanksi dan sesuai aturan PPKM,” kata Ina.

Dalam melakukan perketatan keamanan protokol kesehatan kata Ina, Satgas Covid-19 akan selalu melakukan operasi yustisi.

“Selama ini tim Satgas Covid-19 telah turun ke lapangan, akan diperketat lagi khusus di hari Sabtu dan Minggu,” tegas Ina.

Ina berharap masyarakat sadar menerapkan 5M sehingga kasus positif Covid-19 berkurang sementara aktivitas ekonomi tetap berjalan.

FOTO : Adhitia

Pewarta : Adhitia, Editor: Hutja

Total Views: 980 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *