Kunjungi Pemkot Samarinda, Wabup Paser : Untuk Mewujudkan Pasar yang Baik Perlu Partispasi Masyarakat

SAMARINDA, McKabPaser – Guna menciptakan Pasar Induk Panyembolum Senaken dan tata kota yang bersih, rapi dan teratur, Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Samarinda.

Dalam kunjungannya tersebut Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf didampingi Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM H. Muhammad Rasyid, diterima  Wakil Walikota Samarinda H. Rusmadi Wongso di Kantor Walikota Samarinda, Kamis (24/02/2022).

Diketahui saat ini Disperindagkop UMKM Paser dalam hal ini UPTD Pasar Induk Panyembolum Senaken terus berupaya mewujudkan pasar tradisional yang baik bagi masyarakat, pedagang maupun pengunjung pasar.

Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli bersama dirinya telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan pasar yang baik tersebut.

Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain, melakukan pembenahan sarana dan prasarana serta membangun bangunan baru.

“Untuk itu Mei 2022 ini Pemerintah Kabupaten Paser akan membangun sekitar 300 kios permanen menggunakan anggaran yang bersumber dari dana APBD Paser sebesar Rp8 Milyar,” Kata Wabup Paser Syarifah Masitah.

Hal ini lah yang membuat Wabup Paser Syarifah Masitah melakukan kunjungan ke Pemkot Samarinda untuk mengetahui bagaimana sistem pengelolaan pasar, Pedagang Kaki Lima (PKL) perampahan dan perparkiran.

Pemkot Samarinda saat ini telah mengelola 3 dari 12 pasar menuju pasar modern, dan yang terpenting  Kota Samarinda telah memiliki  satu pasar percontohan yakni Pasar Merdeka, diketahui, sistem pengelolaannya sudah semi modern dan sudah meraih beberapa penghargaan.

Dari kunjungan ini Syarifah Masitah menuturkan, ia yakin bahwa Pasar Induk Panyebolum Senaken bisa segera menjadi pasar tradisional yang bersih dan tertata rapi, dan Pasar yang bisa diminati seluruh masyarakat Kabupaten Paser sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan. 

Untuk mewujudkan semua itu lanjuta Masitah, kita perlu membuat pola manajemen partisipatif , dalam hal ini para pedagang dan pemerintah bersama-sama menciptakan situasi, kondisi serta suasana pasar.

“Dari segi keamanannya, kebersihan dan ketertiban pasar, dengan adanya partisipasi dari masyarakat maka mimpi mewujudkan pasar yang dikelola secara modern bisa terwujud,”ujar Masitah.

Sementara, Wakil Walikota Samarinda Rusmadi Wongso mengucapkan terima kasih kepada Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf yang berkenan berkunjung ke Samarinda, ini merupakan jalinan silaturahmi yang sangat baik antara Samarinda  dan Paser.

“Mari kita sama-sama  belajar bagaimana menata kota yang baik agar tertata rapi, sama-sama kita belajar mengelola daerah dan masyarakat  agar lebih baik,” tutup Rusmadi. (Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *