Lakukan MoU dengan PT. Telkom, Bupati Fahmi : Semoga Dengan ASAP Digital Mempermudah Dalam Mendeteksi Kebakaran Hutan dan Lahan

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melakukan pendatanganan kerjasama (MoU) dengan PT Telkom Tbk dan launching aplikasi Penyediaan Layanan Aplikasi Sistem Analisa Pengendali Kebakaran Hutan dan Lahan (ASAP) di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan, Kamis (21/07/2022).

MoU dilakukan dengan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Israan Noor diwakilkan Kadis Perhubungan Provinsi Kaltim Arih Franata Filifus Sembiring, Kapolda Kaltim Drs. Imam Sugianto, Pandam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Ketua DPRD Provinsi Kaltim Drs. H. Makmur, Walikota Samarinda Drs. H. Andi Harun, Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud, General Manager PT. Telkom Witel Balikpapan, EVP Telkom Regional VI Kalimantan Witel Balikpapan dan pemimpin perusahaan di Kaltim.

Turut Hadir Dalam pendatangan ini AKBP Kade Budiyarta, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Kapolres Paser AKBP. Kade Budiyarta, Dandim 0904 Letkol Inf Ronald Wahyudi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Kepala Dinas Diskominfostaper Paser Ina Rosana, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Paser Ruslan,
Kepala Bagian kerjasama dr. Abu Bakar Sidik, Kepala Bagian Sumber Daya Alam Usma, dan beberapa perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Paser.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan sejak 2018 pemkab Paser telah melakukan MoU dengan PT. Telekomunikasi Tbk tentang nengembangan dan implementasi Paser Smart City dan diperpanjang 2 Juni 2022.

Bupati Paser menjelaskan tujuan kerjasama ini untuk mewujudkan masyarakat sejahtera, peningkatan pelayanan mutu dan publik untuk masyarakat Paser.

Hari ini kata dr. Fahmi Fadli telah menjalin kerjasama antara PT. Telkom Tbk dan Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser terkait penyediaan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (ASAP) Digital.

“Semoga dengan ASAP digital mempermudah dalam mendeteksi kebakaran hutan dan lahan,” kata dr. Fahmi Fadli.

Pemkab Paser mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Kaltim atas kepedulian dan menginisiasi terkait asap digital.

“Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden nomor 3 tahun 2020 tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan,” ucap dr. Fahmi Fadli.

Kapolda Kaltim Drs. Imam Sugianto menjelaskan Bupati di Kaltim telah bekerjasama dengan pihak PT. Telkom dalam mensosialisasikan ASAP digital.

Wilayah Kaltim kata Imam Sugianto telah memiliki program-program dalam mengantisipasi kebakaran. Hal ini akan dioptimalkan dengan menambah kamera CCTV, untuk pengawasan khususnya kebakaran hutan lebih terkendali.

“Nanti akan diutamakan di wilayah yang memiliki luas sawit dan hutan karena potensi kebakaran hutan yang besar,” kata Kapolda Kaltim Drs. Imam Sugianto.

Di Kaltim kata Drs. Imam Sugianto mengatakan tahun ini akan menambah 8 titik yaitu 7 titik khususnya di kabupatan Paser dan 1 titik Kutai Timur (Kutim)

“Hari ini dilaunching ada 8 titik CCTV ASAP digital yang dipasang di menara PT. Telkom,” kata Imam.

General Manager PT. Telkom Tbk Fera Febrayent menjelaskan PT. Telkom memiliki tugas mendigitalisasikan setiap wilayah di Indonesia. Seluruh sektor ini merupakan tugas negara, salah satu yang kita digitalisasikan terkait kehutanan.

“Semoga kedepan PT. Telkom dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutup Fera Febrayent.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Total Views: 12 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *