Separuh Calon Petahana Tidak Terpilih, Tunggu Hasil Resmi Rekapitulasi Pilkades

Tana Paser – Tim Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Paser masih menunggu hasil rekapitulasi akhir pemungutan suara di 72 desa yang dilakukan panitia pemilihan kecamatan.

“Kami belum bisa merilis hasil resmi Pilkades karena masih menunggu hasil rekapitulasi resmi dari panitia masing-masing kecamatan,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Finandar Astaman, di Tanah Grogot, Kamis (1/12).

Sebelumnya pada Rabu (30/12), Pilkades serentak di Paser digelar di 72 desa yang para kepala desanya telah habis masa jabatannya.

Kata Finandar yang juga merupakan anggota Panitia Pilkades tingkat Kabupaten mengatakan Pilkades berjalan lancar dan mematuhi protokol kesehatan.Unsur Forkopimda bersama Ketua Panitia Pilkades Kabupaten yang dijabat Sekda Paser Katsul Wijaya memantau pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS di Kecamatan Tanah Grogot dan Pasir Belengkong.

Panitia juga melaporkan penyelenggaraan Pilkades di Paser kepada Kementerian Dalam Negeri.

Hasil hitung cepat Pilkades di 72 desa pada hari H pemungutan suara sudah tersebar luas di jejaring grup media sosial dan masyarakat.”Yang jelas hasil yang tersebar itu bukan hasil resmi dari panitia Pilkades Kabupaten,” ucap Finandar.

Finandar tidak menjawab pasti kapan hasil rekapitulasi dari panitia Pilkades kecamatan disampaikan kepada panitia kabupaten.

Terpisah, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Paser, M. Nasri mengatakan berdasarkan hasil pemantauannya, cukup banyak calon kepala desa dari petahana di Pilkades ini yang tidak terpilih.

“Banyak petahana yang tumbang,” ujarnya.

Catatan dia, dari 44 calon kades dari petahana, hampir separuhnya tidak terpilih lagi di Pilkades serentak tahun ini.”Yang tak terpilih 20 orang dan yang bertahan 24 orang,” ujar Nasri.

Pewarta : Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *