Tutup Pelatihan GTA, Ina : Ini Salah Satu Upaya Wujudkan Paser MAS

TANA PASER, MCKabPaser – Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Paser yang berlangsung selama lima hari dari 21 – 25 Februari 2023 remsi ditutup.

Kegiatan atas Kerjasama Pemkab Paser dengan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Pelatihan (BPSDMP) Banjarmasin Kementrian Kominfo RI ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ASN dan Non-ASN.

Diikuti 75 peserta pelatihan ini terdiri dari dua kategori di antaranya Junior Graphic Designer (JGD) dan Junior Office Operator (JOO) yang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Ruang Command Center DKISP Paser untuk JGD dan Ruang Assesment Center Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Paser.

“Kegiatan ini adalah salah satu upaya mewujudkan visi Paser MAS yaitu Maju, Adil dan Sejahtera, terutama dalam visi ke dua dalam rangka meningkatkan pemerintahan yang efisien, efektif dan professional,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Ina Rosana saat menutup GTA, di Ruang Command Center DKISP Paser, Sabtu (25/2/2023).

Dikatakan Ina terselenggaranya kegiatan ini karena di era saat ini di mana digitalisasi memaksa kita untuk bertransformasi ke digital.

Digitalisasi sebagai integrasi teknologi digital ke dalam semua aspek dan operasi organisasi, yang pada gilirannya mengarah pada perubahan infrastruktur dalam cara organisasi dioperasikan.

“Sudah saatnya kita di Kabupaten Paser transformasi dari manual ke digital,” ujarnya.

Dirinya Menyebutkan sesuai dengan arahan presiden bahwa di 2035 yang akan datang Indonesia termasuk negara digital nation dan membutuhkan lebih kurang Sembilan juta tenaga talenta digital.

Oleh karena itu lanjut dia, walaupun Kabupaten Paser baru masih dalam tahapan pelatihan ia yakin dan percaya di luar sana sudah banyak anak Kabupaten Paser memiliki talenta digital.

“Walaupun tidak mengikuti pelatihan secara formal, saya yakin anak-anak di Kabupaten Paser memiliki talenta digital,” pungkasnya.

Untuk itu DKISP terus berupaya menyiapkan dan meningkatkan SDM di Lingkungan Pemkab Paser, sehingga di pemerintahan itu benar-benar siap untuk bertransformasi ke digital.

“Kami pelan-pelan membangun semuanya mulai dari infrastruktur digitalnya sampai kepada SDM dan sarana prasarana lainnya,” ungkapnya.

Ina menambahkan, saat melaporakan kegiatan ini kepada Bupati Paser dr. Fahmi Fadli  mendapat respon positif dan sangat mendukung pelatihan ini, Bupati Fahmi berharap ilmu yang diterima di pelatihan ini dapat bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun kedinasan.

Turut hadir Kepala Bidang Statistik dan Persandian DKISP Kabupaten Paser Puji Widiastanti dan Sub Koordinator Tata Kelola dan Integrasi Layanan KI DKISP Paseer Mulyadi dan Tim pengajar BPSDMP Banjarmasin Kemkominfo RI.

Di saat yang bersamaan itu juga Sekretaris DKSIP Paser didampingi Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik DKISP Asnan menutup pelatihan GTA kategori JOO di Ruang Assesment Center Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Paser.

MCKabPaser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *