Pokja literasi Paser: HAI Momentum galakkan literasi masyarakat

Tana Paser – Ketua Pokja Bunda Literasi Kabupaten Paser, Kasrani Lathief mengatakan momentum Hari Aksara Internasional (HAI) tahun ini yang jatuh pada tanggal 8 September 2023, dapat dijadikan motivasi untuk menggalakkan budaya literasi masyarakat.

“Peringatan HAI menjadi motivasi mempromosikan literasi untuk dunia dalam transisi, membangun fondasi untuk masyarakat yang berkelanjutan dan damai,” kata Kasrani, Jumat (8/9).

Kasrani yakin dengan budaya literasi yang tinggi masyarakat dapat membangun Kabupaten Paser.

Berbagai upaya dilakukan Pokja Literasi Paser antara lain menjalin kerjasama dengan organisasi nonpemerintah yang juga aktif menggalakkan literasi seperti GPMB, Kampung Dongeng, Komisi Pendidikan,TBM, Komunitas Ilalang, Pondok Seni, Pelangi, dan komunitas literasi lainnya.

Program yang sudah dijalankan, kata Kasrani, diantaranya Dongeng Minggu Ceria dan Jalan-Jalan roadshow yang dilakukan ke sekolah-sekolah.

Menurutnya gelora literasi saat ini bukan sekedar membaca, menulis, dan berhitung melainkan memperkenalkan dan membudayakan literasi baru yaitu literasi budaya, literasi Politik, literasi humanis, literasi data, literasi digital dan literasi lainnya kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Pada momentum HAI 2023 Kasrani mengajak masyarakat untuk meningkatkan budaya literasi agar bisa bersaing dengan kemajuan jaman.

“Mari Kita wujudkan tujuan bangsa Indonesia dalam pembukaan UUD 1945, salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menguatkan Literasi masyarakat, dengan bergandengan tangan semua stakeholder baik pemerintah, swasta, organisasi, media dan masyarakat,” tutupnya.

Pewarta: Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *