Pemda Paser Ikuti Program Evaluasi Penerapan Smart City

Surabaya – Pemerintah Daerah Kabupaten Paser mengikuti kegiatan Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) dan Penyelenggaran Kegiatan Forum Smart City Tahun Tahun 2023, di Shangri-La Hotel Kota Surabaya 12 – 14 Juni 2023.

Kegiatan yang dibuka Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Teknologi, Ir. Mochamad Hadiyana, M.ENG, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya yang mewakili Bupati Paser, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Paser Ina Rosana.

Sekda Paser Katsul Wijaya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan dan implemetasi pelaksanaan program Smart City di daerah.

“Pada kegiatan ini juga membahas berbagai tantangan dan peluang untuk pengembangan implementasi program kota cerdas (Smart City),” ujar Katsul.

Katsul mengatkaan Kabupaten Paser merupakan salah satu dari 191 Kabupaten/Kota yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Pada kegiatan ini digelar seminar yang bertajuk “Mencerdaskan Kota dan Kabupaten untuk Indonesia Cerdas”.

Kepala Diskominfostaper Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan sebelumnya Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Paser telah menggelar rapat koordinasi pada 29 Mei 2023 lalu guna mengumpulkan data pendukung.

“Kemudian kami juga sudah menggelar rapat kordinasi Dewan Smart City yang dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Mei 2023 dengan agenda pembahasan program prioritas pada enam dimensi pilar Smart City,” ujar Ina.

Pada kegiatan ini Pemkab Paser telah menyiapkan data dukung terkait implementasi Smart City di daerah yang akan dipaparkan pada kegiatan ini.

Selama kegiatan yang berlangsung tiga hari, peserta evaluasi program Smart City mengikuti serangkaian aktivitas diantaranya pemaparan materi Percepatan Pembangunan Kota Cerdas (Smart City) di Indonesia oleh Walikota Surabaya, Walikota Surakarta, dan Dirjen Aplikasi Informatika, Kemkominfo, dan Praktisi Smart City dan Talkshow Tata Kelola SIstem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)  dengan narasumber Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE, Kemenpan RB dan Praktisi Smart City.

Peserta juga mengikuti Implementasi Manajemen Pengetahuan dalam SPBE dengan narasumber Direktur LAIP, Kemenkominfo dan Praktisi Smart City Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE  dan Penyusunan Arsitektur dengan narasumber Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE, Kemenpan RB dan Praktisi Smart City.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *