Pemkab Paser Bagikan 8.000 lebih Bendera Merah Putih Semarakkan HUT ke-78 RI

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser membagikan sebanyak 8.000 lebih bendera merah putih kepada masyarakat mulai tingkat pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa, TNI dan Polri.

Selain itu, bendera merah putih tersebut juga dibagikan ke setiap kepala desa se-Kecamatan Tanah Grogot dan 76 RT se-Kelurahan Tanah Grogot.

Berdasarkan laporan panitia pelaksana kegiatan ini ada 8.688 berdera terkumpul yang berasal dari dari instansi pemerintah daerah, swasta, partai politik dan organisasi kemasyarakatan (Ormas). Hal ini digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan yang digelar di Halaman Kantor Bupati Paser, Rabu (9/8/2023) ini juga sebagai bentuk semangat melawan penjajah dan cinta terhadap tanah air.

“Bendera merah putih adalah citra semangat juang Indonesia untuk bisa melepaskan diri dari penjajahan Belanda yang merupakan identitas instrumental negara, merah berarti berani dan putih berarti suci. ” ucap Bupati Paser dr Fahmi Fadli  saat memberikan amanat apel pembagian bendera merah putih.

Ia menyebutkan, mengibarkan bendera merah putih secara tidak langsung memberikan penghormatan tertinggi kepada para pahlawan dan pejuang bangsa yang telah rela mengorbankan nyawa, darah, harta demi tercapainya kemerdekaan Indonesia.

Dikatakan Fahmi bahwa sesuai Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, menggambarkan betapa agungnya merah putih di dalam kehidupan.

Bendera merah putih mengandung asas persatuan, kedaulatan, kehormatan, kebangsaan, kebhinekaan tunggal Ika, ketertiban, kepastian hukum, keseimbangan, keserasian dan keselarasan.

Sebagai bangsa yang merdeka tidak lagi berjuang seperti dahulu. Di era kini penjajahan tidak berbentuk, dan terlihat.

“Saat ini banyak generasi muda yang rusak moralnya diakibatkan narkoba, alkohol dan pergaulan bebas, dengan  dalih kebebasan adalah Hak Asasi Manusia (HAM),” tuturnya.

Di momentum itu atas nama Pemerintah Kabupaten Paser dirinya mengapresiasi kepada seluruh masyarakat dan perangkat daerah, ia berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial saja. Tetapi sebagai titik awal perubahan generasi muda ke arah yang lebih baik.

Tak lupa ia berpesan agar para generasi muda mengetahui sejarah bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Untuk itu dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Paser agar memasang bendera di halaman rumah masing-masing sebagai bentuk patriotisme, nasionalisme bagi nusa dan bangsa.

“Mari mengibarkan bendera merah putih dengan baik dan benar, tidak hanya asal tetapi harus sesuai aturan. Sebagai bentuk penghargaan karena memiliki nilai histori yang luar,” ajak Fahmi.

Dalam apel tersebut dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Paser, sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala Perangkat Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Masyarakat dan diikuti satuan TNI/Polri, mahasiswa dan pelajar. MC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *