Pemkab Paser Buka Formasi 260 CPNS dan 3.208 PPPK Tahun 2024

JAKARTA, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser akan membuka seleksi penerimaan 260 CPNS dan 3.208 PPPK tahun 2024.
Kepastian ini disampaikan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengadaan ASN Tahun 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (14/03).

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Suwito yang mendampingi Bupati Paser mengatakan pengadaan ASN dan non ASN ini sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) sesuai Amanat Undang-undang nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Hari ini kami terima sebanyak 3.208 Persetujuan Prinsip Kebutuhan untuk Formasi PPPK yang sifatnya masih belum terinci, selanjutnya akan dilakukan Usulan terperinci melalui SIASN Perencanaan BKN yang kemudian akan divalidasi oleh BKN, harapannya masing-masing Perangkat Daerah sudah menyelesaikan Peta Jabatan rinci untuk diusulkan dalam Formasi kali ini”.katanya

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kata Suwito, tahun 2024 pemerintah kabupaten Paser juga akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Pemerintah Kabupaten Paser akan kembali membuka penerimaan CPNS dengan jumlah sebanyak 260 formasi yang dikhususkan untuk fresh graduate ” ujarnya.

Adapun jadwal pelaksanaan Tahapan pendaftaran seleksi suwito Mengatakan pendaftaran CPNS dan PPPK dilaksanakan dalam satu tahapan, untuk kegiatan seleksinya terdiri dari 3 Tahapan.

“Untuk pelaksanaan seleksi CPNS akan lebih dulu dilaksanakan pada akhir mei atau awal Juni sedangkan untuk PPPK diakhir bulan Juli, kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk memastikan jadwal pelaksanaannya”, terangnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan beberapa prioritas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memenuhi kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024. Salah satunya adalah fresh graduate yang memiliki kemampuan digital menjadi salah satu sasaran SDM yang akan direkrut pada seleksi CASN pada tahun ini.

Saat ini, Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta; dan sudah ditetapkan formasinya sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap. ASN yang dimaksud terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate; serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Rapat koordinasi juga diisi dengan pemaparan kebijakan terkait pengadaan pegawai ASN T.A 2024 oleh Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto; Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya, serta Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel terkait teknis perencanaan kebutuhan pegawai ASN serta kebijakan terkait PANRB.

Rakor juga dihadiri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi; Plt, para Kepala Daerah, serta perwakilan dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *