DAPM Kuaro Bagikan 7000 Masker ke Dua Belas Desa dan Kelurahan

TANA PASER, MCKabPaser – Koperasi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser membagikan 7000 masker ke 12 desa dan kelurahan setempat.

Pengurus DAPM Kuaro Sugiarto mengatakan bantuan sosial tersebut dikucurkan guna membantu masyarakat desa dalam pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Setiap tahun kami selalu ada kegiatan sosial seperti khitanan massal. Tahun ini sebagian kegiatan itu kami gunakan untuk pengadaan masker dalam rangka mencegah corona,” kata Sugiarto, Jumat (8/5).

Kedua belas desa tersebut yakni Desa Sandeley, Modang, Pasir Mayang, Rangan, Kendarom, Kertabumi, Padang Jaya, Klempang Sari, Lolo, Keluang Paser Jaya, Pondong Baru, Harapan Baru, dan kelurahan Kuaro.

Sugiarto menerangkan sumber dana bansos ini berasal dari 15 persen kelebihan laba DAPM tahun 2019 yang disisihkan untuk kegiatan amal.

Perlu diketahui bahwa DAPM merupakan peninggalan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM). “Sejak tahun 2014 program PNPM dicabut,” ujar Sugiarto.

Dalam kegiatan DAPM lanjut Sugiarto selalu berkoordinasi dan bermusyawarah dengan kepala Desa, melalui Badan Kerjasama Antar Desa.

Oleh karena itu dalam kegiatannya, DAPM bersifat sama seperti PNPM yakni menjalankan kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

“Awalnya kami bagikan sembako, kemudian bantuan tunai untuk lansia dan sudah 3 tahun ini kami adakan khitanan massal dan jalan sehat,” ujar Sugiarto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *