Pemkab Paser Salurkan 32 Ribu Bibit Ikan ke Lusan dan Muara Kuaro

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menyalurkan 32 ribu bibit ikan kepada pembudidaya di Kecamatan Muara Komam, Rabu 8 April 2020.

Kabid Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan Paser, Husdi mengatakan puluhan ribu bibit tersebut diberikan kepada pembudidaya ikan tawar di Desa Lusan dan Muara Komam.

“Total ada 32 ribu bibit yang kami salurkan,” kata Husdi.
Husdi merinci, dari 32 ribu itu 18 ribu bibit diantaranya diserahkan ke pembudidaya di Desa Lusan.

“Kami salurkan 18.000 bibit ikan terdiri dari 8.000 ikan nila dan 10.00 bibit ikan betok, untuk pembudidaya di desa Lusan,” ujar Husdi.

Sementara di Desa Kuaro, lanjut Husdi, Dinas Perikanan menyalurkan 14 ribu bibit yang terdiri dari 7 ribu bibit ikan nila dan selebihnya bibit ikan betok.

Husdi menilai pertimbangan pemerintah memberikan bantuan dikarenakan kondisi kedua desa itu sesuai untuk dikembangkan jenis ikan tersebut

“Karena potensinya di desa sesuai dengan kehidupan betok. Kita ketahui ikan betok ini jenis labirin yang tidak terlalu membutuhkan oksigen terlalu banyak seperti ikan mas,” ucap Husdi.

Bibit yang sudah diberikan diharap dapat berkembang biak dengan baik sehingga bisa menjadi percontohan bagi desa lain.

Jika nanti hasilnya memuaskan, Husdi berharap proses panen ikan tidak dilakukan dengan illegal misalnya menggunakan setrum, reggek, menggunakan mata sains, tapi diperbolehkan dipancing.

Camat Muara Komam Abdul Rasyid mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Paseer yang sudah memberikan bantuan bibit ikan kepada Desa Muara Kuaro dan desa Lusan.

“semoga inovasi budidaya ikan ini berhasil dan sukses di kembangkan oleh dua desa yang dapat bibit ikan ini, dan semoga kepala desa yang lain juga termotivasi untuk berinovasi membudidayakan ikan nila dan ikan betok maupun ikan yang lain nya,”ujar Rasyid.

Total Views: 1228 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *