Penas XVI PNI 2023 Resmi Ditutup, Bupati Fahmi Apresiasi Peserta Asal Paser Telah Raih Juara

PADANG, MCKabPaser –  Pekan Nasioanal (Penas) XVI Petani dan Nelayan Indonesia 2023 resmi ditutup, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengapresiasi peserta Penas asal Kabupaten Paser yang telah meraih sejumlah prestasi.

Prestasi yang diraih diantaranya kategori peserta terfavorit Peragaan Teknologi Pertanian atau Teknologi Agribisnis dengan menampilkan alat pemimpil jagung yang diperagakan oleh Sugiarto dari Desa Klempang sari Kecamatan Kuaro dan Musrani dari Desa Damit Kecamatan Paser Belengkong.

Selain itu Armawati peserta asal Kecamatan Long Kali juga meraih juara dua dengan Tarian Pancet Bangen Tawai pada Festival Seni Budaya Penas XVI Petani Nelayan Indonesia 2023 dan Kabupaten Paser juga telah berhasil meraih juara dua Paduan Suara diajang Lomba Gita Nusantara.

“Terima kasih kepada seluruh peserta Penas dari Kabupaten Paser atas raihan prestasi, partisipasi dan kontribusinya pada Penas XVI Petani Nelayan Indonesia 2023”, kata Bupati usai menghadiri penutupan Penas XVI 2023, Kamis (15/6/2023).

Dokumentasi juara peserta terfavorit Peragaan Teknologi Pertanian alat pemimpil jagung yang diperagakan oleh Sugiarto (tiga dari kiri) dari Desa Klempang sari Kecamatan Kuaro dan Musrani (empat dari Kanan) dari Desa Damit Kecamatan Paser Belengkong

Bupati Fahmi menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan menjadi kesan yang baik serta komitmen pemerintah pusat, daerah dan seluruh pemangku kepentingan untuk mempercepat pembangunan pertanian menuju Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.

“Khususnya di Kabupaten Paser sebagaimana yang tertuang dalam program prioritas Paser MAS yakni menjadikan pertanian sebagai andalan kabupaten,” ujarnya.

Piagam penghargaan peserta terfavorit peragaan

Penas XVI Petani Nelayan Indonesia 2023 digelar di Pangkalan Udara Sultan Sjahrir kota Padang yang berlangsung  dari 9 sampai 15 Juni 2023 resmi ditutup Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi.

Diikuti lebih kurang  22.000 peserta  terdiri dari petani dan nelayan se-Indonesia termasuk peserta dari Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Untuk diketahui Penyelenggaraan Penas Petani dan Nelayan Indonesia selanjutnya pada 2026 rencananya akan digelar di Provinsi  Gorontalo. MC Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *