Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 2023, Kepala DKISP Optimis Index SPBE Paser Meningkat

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) mengikuti penilaian interviu evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik (SPBE) tahun 2023 oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB RI).

Penilaian interviu evaluasi SPBE yang merupakan proses klarifikasi dan validasi Asesor Eksternal terhadap bukti dukung yang disampaikan oleh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, dilaksanakan di Command Center DKISP Paser, Jumat (22/9/2023).

Kepala DKISP Kabupaten Paser Ina Rosana menyebutkan, dalam penilaian itu tim asesor eksternal memberikan saran-saran dan beberapa hal yang memang masih perlu dilengkapi. 

“Pada dasarnya tim menilai bahwa Paser dalam penerapan SPBE dari sisi upload datanya itu sudah rapi dan terstruktur.  Untuk beberapa contoh untuk manajemen resiko itu masih harus kita lengkapi,” kata Ina.

Terkait dengan tools penilaiannya lanjut Ina, dari sisi manajemen pengetahuan juga masih perlu data dukung, kemudian ada beberapa pedoman juga yang masih harus dilengkapi. 

“Tapi saya optimis dengan penilaian yang diberikan tim asesor ekternal tadi, semoga index SPBE Kabupaten Paser bisa meningkat dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pada 2022 index SPBE Kabupaten Paser berada di angka 2,13, diharapkan dapat mengarah dan tidak terlalu jauh dari penilaian mandiri yaitu 3,49.

“SPBE kita masih di bawah nasional yaitu 2,43 dan untuk di Provinsi Kalimantan Timur Kabupaten Paser berada di posisi ke lima dengan indeks SPBE 2,13 di atas dari Pemerintah Provinsi Kaltim yaitu 2,11,” pungkasnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Adi Maulana  mewakili Bupati Paser, bersyukur atas apa yang disampaikan KemenPAN-RB RI.  Untuk pengembangan ESPBE itu sudah berjalan,  sesuai dengan tahapan-tahapan yang dipersyaratkan.

“Dari hasil evaluasi ini juga kita dapat pujian,  apa yang kita presentasikan sudah sesuai yaitu dengan secara berjengjang,  secara tahapan,  secara runut.  Sudah menjelaskan bahwa perkembangan SPBE di Kabupaten Paser cukup bagus,” tukasnya.

Penilaian tersebut dihadiri para kepala perangkat daerah terkait dan jajaran Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser. MC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *