Wakili Kaltim, Paser Kandidat Penilaian Paritrana Award 2024

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera serta memiliki tingkat hidup lebih baik sejalan dengan visi Kabupaten Paser yaitu Paser Maju, Adil dan Sejahtera, salah satunya dengan melindungi pekerja rentan di wilayahnya melalui program BPJS Ketenagakerjaan.

Upaya tersebut membawa Kabupaten Paser menjadi kandidat kabupaten/kota Penilaian penghargaan Paritrana Award 2024 mewakili Provinsi Kalimantan Timur, yang mana Paritrana Award ini merupakan apresiasi pemerintah kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, dan Pelaku Usaha yang telah mendukung implementasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) untuk mewujudkan Universal Coverage Jamsostek.

Pada penilaian tersebut, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengikuti proses wawancara secara daring oleh tim penilai pusat tentang peran dan dukungan Pemkab Paser dalam implementasi program jaminan sosial ketenagakerjaan, di Four Point Hotel Balikpapan, Rabu (24/4/2024).

Dalam sesi wawancara itu, Bupati Fahmi memaparkan implementasi program jamsostek sebagaimana visi Kabupaten Paser Maju, Adil dan Sejahter (Paser MAS), diantaranya Inovasi dalam Meningkatkan Coverage Kepesertaan jamsostek, memperluas kemanfaatan program jamsostek bagi masyarakat dan regulasi yang mengatur  tentang perlindungan jamsostek di daerah dan kewajiban keterlibatan perusahaan dalam perlindungan masyarakat rentan di sekitarnya.

Bupati Fahmi mengungkapkan, apapun hasil penilaian dari tim penilai penghargaan Paritrana Award 2024, Pemkab Paser akan terus melakukan dan menjalankan program jaminan sosial ketenagakerjaan yang telah berjalan sehingga Universal Coverage Jamsostek menuju keadilan dan kesejahteraan sosial di Kabupaten Paser terwujud.

“Ini Komitmen kami, sebab hal ini masuk dalam sembilan program prioritas, di mana jaminan sosial BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan yang harus di tuntaskan di masa jabatan kami,” kata Bupati Fahmi dalam sesi wawancara dengan tim penilai.

Sementara, Sekretaris Daerah Katsul Wijaya menambahkan, hal ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah dalam rangka pelaksanaan program jamsostek, dan juga menjadi semangat masyarakat Kabupaten Paser kedepan untuk bisa aktif  mejadi peserta atau mengikuti jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Terimakasih kepada tim pusat yang telah memberikan kesempatan pemerintah kabupaten paser dalam penilaian Paritrana Award tingkat Nasional. Hal ini juga merupakan hasil kinerja para perangkat daerah di Paser, khusunya BPJS  Ketenagakerjaan cabang Tanah Grogot dan kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Balikpapan atas koordinasi selama ini,” ucap Katsul usai mendampingi Bupati Paser dalam sesi wawancara.

Turut hadir mendampingi Bupati Paser secara daring Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Paser, Madju Simangunsong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *