Rakornas Perpustakaan, DKP Kerjasama Disdikbud dan DPMD Bangun Perpustakaan

Tana Paser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menghadiri acara rapat koordinasi nasional (rakornas) perpustakaan di Jakarta selama dua hari 6-8 Maret. Ikut mendampingi Wabup dalam rakor ini, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Paser Yusuf Sumako.

“Rakor di bidang perpustakaan untuk evaluasi program tahun 2022 dan rencana kegiatan perpustakaan tahun 2023,” kata Kepala DKP Yusuf Sumako.

Rakor yang dihadiri pimpinan kepala daerah se-Indonesia, kata Sumako, untuk mengevaluasi program bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang telah digulirkan kepada pemerintah daerah.Untuk di Kabupaten Paser, DAK yang telah digulirkan pemerintah pusat berupa pembangunan gedung perpustakaan senilai Rp10 Miliar.

“Tahun ini pembangunan gedung perpustakaannya, bersumber dari dana alokasi khusus,” ucap Sumako.

Ia menambahkan, pada rakornas itu seluruh kepala daerah yang hadir diminta berkomitmen meningkatkan literasi masyarakat.Menurut Sumako, upaya meningkatkan literasi atau budaya baca masyarakat perlu melibatkan berbagai pihak dan lintas perangkat daerah.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Paser telah menjalin kerjasama dan komitmen dengan dua perangkat daerah yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

“Dengan Disdikbud bagaimana bisa dibangun perpustakaan di seluruh sekolah. Sementara komitmen kami dengan DPMD, agar desa juga punya perpustakaan,” tutur mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ini.

Kegiatan pembangunan gedung perpustakaan di desa bisa melibatkan perusahaan setempat. Sementara untuk kegiatan pembangunan gedung perpustakaan bisa dianggarkan dari dana APBD atau sumber dana lain seperti DAK Disdikbud.

“Harapan kami dengan keberadaan perpustakaan, literasi masyarakat bisa meningkat dan menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat Kabupaten Paser,” ujar Sumako.

Untuk selanjutnya, kata dia, DKP Paser akan menjalin kerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian terkait dukungan kegiatan perpustakaan di daerah.”Rencana kami kerjasama dengan Dinas Kominfo, untuk digitalisasi kegiatan perpustakaan daerah,” tutupnya.

Pewarta : Hutja Editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *