Sekda Paser Pimpin Upacara Peringatan Hari OTDA ke-XXVII Tahun 2023

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXVII tahun 2023 yang mengusung tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul” di halaman Kantor Bupati, Sabtu (29/4/2023).

Mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya bertindak sebagai pembina upacara pada peringatan hari otonomi daerah ke-XXVII yang dihadiri pula oleh Unsur Forkopimda, para Asisten, para Staf Ahli, para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat dan ASN di Kabupatan Paser.

Sekda Paser Katsul Wijaya yang membaca sambutan Bupati Paser mengatakan Pemerintah menetapkan setiap tanggal 25 April sebagai hari Otonomi Daerah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 tahun 1996 tanggal 7 Febuari 1996. Ini maknanya bahwa otonomi daerah telah menjadi kebijakan pemerintah dalam mengimplementasikan penerapan otonomi daerah.

Selama otonomi daerah berjalan sudah banyak daerah-daerah yang telah berkembang dan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan infrastruktur daerah.

“Otonomi daerah telah memberikan dampak positif di Kabupaten Paser, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskal di Kabupaten Paser,” Ujar Katsul

Katsul menjelaskan Capaian IPM Kabupaten Paser di tahun 2021 sebesar 72,93 meningkat menjadi 73,44 di tahun 2022.

Melalui Hari Otonomi Daerah ini, Katsul berharap Pemerintah Kabupaten Paser dapat manfaatkan program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik, pendidikan serta layanan kesehatan dan lain-lain.

“Namun satu hal yang juga menjadi perhatian kita sebagai kunci dari Paser MAS, yaitu ”Sejahtera” adalah upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Paser,” tutur Katsul.

Kedepannya kata Katsul dengan momentum ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser tentu lebih giat lagi dan diharapkan dukungan dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka mengisi atau melaksanakan otonomi daerah.

“Jadilah ASN yang berdaya saing yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif. bekerja keras sepenuh hati agar pelayanan kepada masyarakat semakin meningkat,” Tutup Katsul.

Penulis : Adhitia, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *