Siap Amankan Pemilu 2024, Pemkab Paser Akan Libatkan Semua Pihak

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan Pemerintah Kabupaten Paser (Pemkab) siap melaksanakan pengamanan pemilu 2024. Untuk megantisipasi terjadinya kerawanan konflik Pemkab Paser akan melibatkan semua pihak.

Hal tersebut dikatakan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli usai mengikuti Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) se Kalimantan Timur (Kaltim) Guna mendukung kesiapan daerah dalam mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kaltim, di Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (6/2/2023).

Bupati Paser Fahmi Fadli menyebutkan, seperti yang disampaikan Pj. Gubernur Kaltim saat membuka RAKOR bahwa, semua unsur diminta dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kerawanan dalam proses pemilu serentak yang akan datang.

Sebelumnya, Bawaslu telah merilis indeks kerawanan pemilu serentak 2024, dimana rilis tersebut menetapkan Kaltim berada pada posisi lima di bawah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Jawa Barat.

“Ini merupakan langkah strategis penerapan pengalaman Pemilu 2024 dengan melibatkan semua pihak yang ada di daerah. Menindaklanjuti itu Pemkab Paser mengalokasikan anggaran pengamanan Pemilu 2024 diantaranya untuk Kodim 0904/PSR Rp1,8 miliar dan Polres Paser sebesar Rp6,7 miliar,” terang Bupati Fahmi.

Tak hanya TNI-Polri dalam pengamanan Pemilu 2024, Pemkab Paser juga mempersiapkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

“Kita juga berupaya dengan melakukan penguatan kewaspadaan dini melalui forum-forum dan Pendidikan politik yang menjadi tanggungjawab Partai Politik,” ujar Fahmi.

Rakor Forkopimda se-Kaltim yang di buka Pj. Gubernur Kaltim, Akmal Malik juga dihadiri Sekda Paser, Katsul Wijaya, Ketua DPRD Kabupaten Paser, Hendra Wahyudi, Kapolres Paser, AKBP Yusep Dwi Prastiya, Dandim 0904/PSR, Letkol Inf. Ary Susetyo, Kasi Intelijen Kejari Paser, Hendi Sanitrya Imran.

Dan diikuti Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Kabupaten Paser, Ina Rosana, Kepala Disdukcapil Kabupaten Paser, M Isnaini Yanuardi, Kepala Badan Kesatua Bangsa dan Politik Kabupaten Paser, Nonding, Kaepala Bagian Tata Pemerintahan Risky Noviar, Kabag Prokopim Abdul Kadir Sambolangi, perwakilan Satpol PP Kabupaten Paser dan Camat se Kabupaten Paser./Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *