Terima Bantuan DAK Bidang KB, Bupati Turunkan TPK Stunting di Paser

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Bupati Paser dr.Fahmi Fadli secara simbolis menerima bantuan Dana Alokasi Khusus ( DAK) Fisik dan Non Fisik Sub Bidang KB yang diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo sebesar Rp4.459.880.000,-.

Bantuan itu diserahkan pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Sosialisasi Akhir Nasional Percepatan Penurunan Stunting di Kaltim.

Fahmi mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk penurunan stunting di Kabupaten Paser, yaitu dengan mengalokasikan dana untuk operasional Tim Pendamping Keluarga (TPK)  yang melakukan survey ke sejumlah desa, terdiri dari bidan, Tim Penggerak PKK dan petugas KB.

Selain itu pendamping keluarga yang jumlahnya 192 tim terdiri dari tiga orang dalam satu timnya juga bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan. terhadap calon pengantin, pasangan yang baru menikah dan ibu hamil  dengan memeriksa tinggi badan, berat badan, lingkar lengan dan hal-hal lain.

Di samping itu dana tersebut juga dipergunakan untuk pengadaan fasilitas program KB, gudang obat, alat kontrasepsi, IUD kit dan implan kit.

“Ini adalah strategi kami dalam upaya penurunan stunting di Paser”, kata Bupati Fahmi usai mengikuti pembukaan Rakerda, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Jumat (10/3/2023).

Untuk diketahui, hal senada juga telah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Paser yang dinahkodai Sinta Fahmi Fadli Salah satunya dengan program pemberian satu anak satu butir telur setiap hari dari usia enam bulan, terutama di 20 locus prioritas di Paser dan Pemerintah Kabupaten Paser juga telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di 139 desa dan 5 kelurahan di Kabupaten Paser.

Menurut data yang tercatat di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional angka stunting di Paser naik 1,3 persen yaitu dari 23,6 persen menjadi 24,9 persen pada periode 2021 dan 2022.

Rakerda dengan tema Peningkatan Komitmen Sinergitas dan Kolaborasi Percepatan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Kalimantan Timur itu dibuka Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor

Dihadiri Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo, Walikota/ Bupati se-Kalimantan Timur, Forkopimda Balikpapan dan Provinsi Kalimantan Timur, Kepala  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana se-Kalimantan Timur dan Ketua TP PKK se-Kalimantan Timur. MCKabPaser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *