Tingkatkan Transparansi Transaksi, Pemkab Paser Lakukan Akselerasi Elektronifikasi Transaksi Digital

BALIKPAPAN, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser telah melakukan akselerasi elekteronifikasi pada jenis pendapatan daerah, meliputi pajak daerah dan retribusi daerah. Selain untuk memberikan kemudahan, juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media, guna merubah transaksi pendapatan dan belanja daerah, yang selama ini menggunakan cara tunai menjadi non tunai berbasis digital.

“Hal itu dilakukan guna meningkatkan transparansi transaksi pemerintah daerah, untuk mengurangi kebocoran pada sisi pendapatan daerah serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi pada belanja daerah,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat membuka High Level Meeting Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), di Novotel Balikpapan, Minggu (3/12/2023) malam.

Dengan demikian lanjut dr. Fahmi, untuk kegiatan pembayaran pajak maupun retribusi daerah di Paser saat ini sudah bisa dilakukan secara digital, melalui kanal-kanal pembayaran yang tersedia, seperti Teller Bank, ATM, Mobile Banking, e-Commerce seperti di ritel dan Qris.

Ia menyebutkan, bahwa masyarakat dan pelaku UMKM di Kabupaten Paser saat ini telah menyediakan sistem pembayaran Qris dalam  melakukan transaksi jual beli.  Jadi secara bertahap Paser bergerak menuju digitalisasi transaksi keuangan tak hanya di lingkup pemerintah daerah, tetapi masyarakat juga telah menerapkan hal yang sama.

“Hal itu dibuktikan dari hasil laporan Satgas TP2DD pada 2022 bahwa Kabupaten Paser berhasil dengan indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sebesar 98,5 persen tertinggi di Kaltim,” ujar dr. Fahmi Fadli.

High Level Meeting TP2DD yang digelar untuk membuka wawasan serta pemahaman yang semua guna memantapkan pengimplementasian ETPD di Kabupaten Paser dalam mendukung Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) itu, juga dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan R.Bambang Setyo Pambudi itu diikuti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulan dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Paser. /Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *