DPMD Paser Belajar Kelola Bumdesma di Sumedang, Pemasukan Rp1 Miliar per Tahun

Tana Paser – Dalam rangka meningkatkan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Nusantara Kecamatan Long Ikis, sejumlah kepala desa (kades), Camat, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paseri, mengikuti bimtek dan orientasi lapangan ke Sumedang, pada 17 dan 18 Mei 2023.

Kepala DPMD Paser, Chandra Irwanadi mengatakan di hari pertama rombongan mengunjungi Bumdesma Sembada di Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang.

“Hari ini kami langsung belajar ke pengelola Bumdesma Darmaraja, mereka setiap tahun punya pemasukan Rp1 Miliar dari pengelolaan dana bergulir,” kata Chandra, Rabu (17/5).

Chandra menyebut alasan mengapa Kabupaten Paser belajar ke Sumedang dikarenakan daerah tersebut dijadikan rujukan nasional dalam hal pengelolaan Bumdesma.

Di hari kedua, lanjut Chandra, pihaknya akan berkunjung ke Bumdesma Rancakalong untuk belajar pengembangan jenis usaha.

“Lanjut besok ke Rancakalong untuk belajar gimana Bumdesma membentuk unit usaha baru,” ujar Chandra.

Ia menjelaskan kegiatan semacam ini baru pertama dilakukan Bumdesma di Kabupaten Paser mengingat pembentukan Bumdesma baru dilakukan tahun lalu.

Bumesma, kata Chandra, sebelum terbentuk merupakan lembaga yang mengelola dana pemerintah pusat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan yang bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan.

“Jadi kita belajar langsung ke pelakunya, tidak seperti bimtek pada umumnya yang dilakukan di hotel. Jadi lebih banyak praktek, sedikit teori,” kata Chandra.

Di Kabupaten Paser, pada umumnya Bumdesmas masih mengelola dana bergulir. Chandra berharap ke depan Bumdesma bisa mengembangkan unit usaha baru.

Ia mencontohkan saat ini Bumdesma Nusantara yang dikelola Bumdes-Bumdes di Kecamatan Long Ikis sudah memiliki 12 hektar lahan sawit untuk dikelola yang setiap bulannya bisa meraup pendapatan sebesar Rp10 Juta.

“Semoga pengelolaan Bumdesma Nusantara Long Ikis bisa lebih baik kedepan, secara umum Bumdesma lain juga bisa mencontoh dan harapan Bumdesma di Paser bisa jadi contoh bagi daerah lain di Kalimantan Timur,” tutup Chandra.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *