Wabup Paser Buka Gebyar Museum Sadurengas 4, Berharap Masyarakat Lebih Bersemangat Kunjungi Museum

TANA PASER, MCKabPaser – Wakil Bupati Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf membuka Gebyar Museum Sadurengas 4 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Paser di Arena Seni Museum Sadurengas Pasir Belengkong, Senin(18/07/2022).

Hadir dalam acara ini Sultan Paser Jarnawi, Kepala Disdikbud Paser M. Yunus Syam, Kepala Dinas Sosial Abdul Kadir, Kapolsek Paser Belengkong Iptu Wahyudi ismanto, Danramil Paser Belengkong letda M. jafar dan Perwakilan Kepala Perangkat Daerah

Kegiatan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali minat masyarakat untuk berkunjung ke museum sadurengas yang mana museum merupakan wadah dalam pemajuan kebudayaan dan sosialisasi cagar budaya yang ada di Kabupaten Paser

Berbagai perlombaan diadakan pada Gebyar Museum Sadurengas 4 ini antara lain lomba cerdas cermat tingkat SMP, lomba mewarnai Taman Kanak-kanak, lomba cerita tentang museum tingkat TK/PAUD, SD, SMP, permainan belogo untuk pelajar Sekolah dan sorong batang untuk masyarakat umum, lukis koleksi museum tingkat SMP, vlog museum tingkat umum, fotografi tingkat umum.

Antusias para pelajar dan masyarakat umum untuk mengikuti berbagai lomba Gebyar Museum Sadurengas 4 sangat tinggi, hal ini terlihat dengan jumlah peserta yang berpartisipasi sekitar 292 peserta dan 90 pendamping/guru

Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf memberikan apresiasi kepada Disdikbud Paser telah mempersiapkan dan menggelar gebyar Museum Sadurengas ke 4.

“Mari tingkatkan perekonomian di sektor pariwisata melalui adat budaya,” jelas Syarifah.

(Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menjelaskan museum sadurengas merupakan museum bersejarah masyarakat Paser. Dimana terdapat berbagai koleksi benda kuno seperti guci kuno peninggalan dinasti Yuan, alat rumah tangga, alat kesenian, pakaian kesultanan Paser dan di sekitar museum terdapat makam para raja kerajaan sadurengas.

“Keberagaman membuat Sadurengas menjadi ikon dari Bumi Daya Taka,” kata Masitah.

Dengan adanya Gebyar Museum Sadurengas ini, Pemkab Paser kata Masitah optimis masyarakat lebih bergairah berkunjung ke Museum.

“Sehingga museum lebih ramai, hidup dalam pengelolaannya,” tutup Masitah.

Acara juga dirangkai dengan Wabup Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf menyaksikan lomba Sorong Batang dan berkeliling mengunjungi Museum Sadurengas.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Total Views: 6 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *