Bupati Paser Berikan Pembekalan Mahasiswa Baru UIT Makassar

TANA PASER, MCkabPaser – Bupati Paser Fahmi Fadli memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar pada acara pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru ( PKKMB) melalui zoom meeting yang digelar, Sabtu (18/9/2021).

Selain mahasiswa baru UIT, zoom ini juga diikuti rektor UIT Dr. Andi Mariam, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi LLDikti Wil. IX Prof. Dr. Jasruddin M. Si, dan Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Pusat Prof. Dr. Ir. H. Budi Djatmiko M.EI.

Dalam pembekalan itu, Bupati Paser menyampaikan makalahnya berjudul “Peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Paser”. Menurut Bupati Paser pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi agar kehidupan dapat berjalan dengan baik.

“Pada hakekatnya semua manusia memiliki kebutuhan dasar yang harus dipenuhi agar kehidupan dapat berjalan dengan baik dan bisa disederhanakan salah satu kebutuhan alamiah ialah pendidikan, ” kata orang nomor satu di Kabupaten Paser ini.

Pendidikan, lanjut Bupat Paser memiliki peran penting dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk menjawab persoalan SDM saat ini.

“Rendahnya kualitas pendidikan menjadi penyebab dari kasusnya sumber daya manusia di zaman yang semakin maju” katanya.

Ditegaskan Bupati Paser, kemajuan suatu daerah khususnya dan negara umumnya amat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia di samping faktor-faktor lain seperti sumber daya alam, infrastruktur dan sosial budaya serta modal dan stabilasi politik.

“Namun sumber daya manusia memiliki peran untuk mengelola faktor-faktor itu,” ujarnya.

Selain pentingnya pendidikan, Bupati Paser juga menyampaikan masalah pendidikan yakni belum meratanya pendidikan di Indonesia termasuk di Kabupaten Paser. Karena itulah melaui Visi Kabupaten Paser MAS, visi dari kepemimpinan Bupati Paser Fahmi Fadli -Syarifah Masitah Assegaf salah program prioritasya adalah peningkatan SDM melalui pendidikan.

Bentuk implementasinya, saat ini Pemkab Paser melakukan kerjasama dengan Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar melalui pemberian beasiswa kepada putra-putri Paser yang ditandatangani pada 9 September lalu.

Diakhir makalahnya, Bupati berpesan kepada mahasiswa baru, khususnya mahasiswa asal Kabupaten Paser yang menempuh pendidikan di UIT Makassar agar belajar dengan baik dan tulus tepat waktu dan selanjutnya dapat berkontribusi kepada daerah.

“Pemerintah daerah tentunya menunggu hasil studi mahasiswa asal Paser. Kalian adalah calon penerus pemimpin yang dapat memperbaiki kehidupan perekonomian dan meningkatkan pembangunan yang ada di Kabupaten Paser” tutup Bupati.

Pewarta : Adhitia, Editor: Ropi’i

Total Views: 667 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *