Perjuangkan Aspirasi Daerah, NASRI calon Ketum DPP APDESI

TANA PASER, MCKabPaser – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Paser mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta, Sabtu (18/09/2021).

Munas yang dihadiri perwakilan APDESI dari seluruh daerah ini dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Ketua Umum DPP APDESI Dr. H. Sindawa Tarang dan sejumlah Dirjen di Kemendes, anggota DPR RI, dan para pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) juga hadir di acara munas.

Ketua DPC APDESI Paser M. Nasri mengatakan munas dihadiri 251 pengurus DPC dan DPD dari berbagai daerah di Indonesia.”Munas ini untuk membuat program kerja dan kepengurusan yang baru untuk lima tahun ke depan,” kata Nasri saat dihubungi Tim Media Center Kominfo Paser melalui telepon seluler.

Pada Munas tersebut, kata Nasri, Ketua Umum DPP APDESI Sindawa Tarang sempat menyinggung kabar rasionalisasi anggaran untuk desa atau pengurangan anggaran untuk pembangunan desa.

“Sempat disinggung ada isu pengurangan dana desa oleh Ketua Umum. Pak Tito (Mendagri) yang hadir juga ternyata baru tahu kalau ada yang namanya APDESI. ‘APDESI ini membantu pemerintah daerah, pemerintah daerah yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri’,” ucap Nasri menirukan ucapan Mendagri Tito Karnavian.

Mendagri, cerita Nasri, mengatakan APDESI ini berasal dari akar rumput yang menaungi pemerintahan paling bawah, pemerintahan yang menyentuh masyarakat langsung.

Dikemukakan Nasri juga, bahwa Ketua Umum APDESI berpesan agar Pemerintah Desa tetap memperjuangkan pembangunan jalan desa, meski dalam kondisi keuangan seperti apa pun.”Program yang disuarakan Ketua Umum APDESI yaitu soal jalan desa. Jangan lagi ada alasan, karena sesuai kemampuan keuangan sehingga kebanyakan (pembangunan jalan) tidak terealisasi. Jangan begitu,” imbuh Nasri menirukan ucapan Ketua Umum APDESI.

Pada Munas kali ini, sejumlah pengurus Provinsi Kaltim dan Provinsi lain minta Nasri maju mencalonkan diri sebagai calon ketua umum DPP APDESI.

“Saya tidak mencalonkan, tapi dicalonkan. Namun saya siap saja.. Alasannya untuk mewakili kepengurusan dari wilayah timur. Kita ini kan ada IKN. Kaltim ini kan termasuk pulau yang besar. Jadi biar ada perwakilan dari Kaltim untuk kepengurusan DPP APDESI,” ujar Nasri.

Secara resmi ada empat nama yang menjadi calon Ketua DPP APDESI termasuk petahana dan M. Nasri.”Intinya karena saya dicalonkan, kita siap, bagaimana Kaltim bisa masuk kepengurusan pusat agar mudah menjalin komunikasi dengan birokrasi pusat,” kata Nasri.

Bahkan jika pun dirinya tidak terpilih, Nasri berharap ada pengurus APDESI Paser maupun APDESI Kaltim yang masuk kepengurusan DPP APDESI.

“Agar semua yang kita perjuangkan di pusat akan lebih lebih mudah didengar,” katanya.

FOTO: Nasri

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 2996 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *