Menilik Perpustakaan DKP Paser, Sejak Pandemi Pelayanan di Luar Jam Kerja Ditiadakan

Tana Paser, McKabPaser- Sebelum pandemi COVID-19, di luar hari kerja Kantor Perpustakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Daerah Kabupaten Paser masih melayani pengunjung. Namun, sejak pandemi hingga saat ini tak ada lagi pelayanan di luar hari jam kerja.

“Sebelum pandemi, di luar hari kerja seperti sabtu-Minggu, kami tetap buka,” kata Chaidir Rustani, Pustakawan Ahli Muda yang ditemui, Kamis (3/2/2022).

Dari data statistik DKP, jumlah pengunjung selama tahun 2021 sebanyak 2.702 orang. Jumlah pengunjung perpustakaan ini mengalami penurunan sejak masa pandemi.
Saat ini jumlah buku yang ada di perpustakaan sebanyak 46.832 buku.

“Terakhir ada pengadaan buku sebanyak 114 judul dengan jumlah 860 eksemplar, ” kata Chaidir.

Untuk memanjakan pengunjung, perpustakaan ini juga dilengkapi dengan ruang baca yang cukup luas di lantai dua dengan fasilitas AC dan internet .Sebagian dinding nya dari kaca sehingga pemandangan di luar terlihat dari dalam ruang perpustakaan.

“Ruang baca untuk anak juga tersedia, ” kata Abd. Rais Alfiansyah, Pustakawan Ahli Muda lainnya yang rekan kerja Chaidir.

Selain melayani pengunjung yang datang, Perpustakaan juga melayani pembaca dengan mendatangi ke sekolah dasar yang tidak memiliki perpustakaan.

“Ada dua unit mobil perpustakaan keliling yang datang ke sekolah dasar, terutama SD yang tidak ada fasilitas perpustakaannya,” kata Chaidir.

Terbatasnya ruang atau tempat untuk memajang buku yang ada, membuat pengelola perpustakaan berfikir agar buku yang menumpuk bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Sebagian buku yang tidak tertampung, kita pinjam pakai kan ke sekolah, desa maupun pesantren,” katanya.

Pewarta : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *