Tingkatkan Budaya Baca, Kasrani Bentuk GPMB Kecamatan Tanjung Harapan

TANJUNG HARAPAN, MCKabPaser – Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Paser berlari cepat untuk meningkatkan Budaya Baca menuju Paser Maju Adil dan Sejahtera (Paser MAS) dengan program SATU DESA SATU GPMB, terbukti pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 bertempat di SDN 001 Tanjung Harapan Desa Tanjung Aru, Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kasrani Kabupaten Paser memimpin rapat pembentukan GPMB Kecamatan Tanjung Harapan Periode 2022-2025.

Kasrani dalam sambutannya mengarapkan GPMB dapat membantu mensukseskan tujuan pembangunan yaitu peningkatan sumberdaya manusia, yakni membentuk SDM unggul dan berkualitas, salah satunya bisa dicapai dengan literasi. Artinya, masyarakat harus dibekali dengan keterampilan membaca dan pengetahuan yang memadai.

GPMB dapat memfasilitasi dengan menyediakan berbagai program pengembangan minat baca, pelatihan dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat.

Pembekalan tersebut dapat diperoleh dengan menjadikan perpustakaan sebagai inspirator serta memaksimalkan peran komunitas literasi.

“Saya berharap Gerakan Budaya Baca dimulai dari rumah dengan menyediakan Pojok Baca di masing-masing rumah, sehingga anak-anak kita terbiasa membaca dan nantinya akan menjadi budaya membaca” Kata Kasrani.

Ia menambahkan, Bapak Bupati memberikan apresiasi dan sangat mendukung Program Satu Desa Satu yang diusung GPMB Kabupaten Paser.

Selaras dengan program literasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah. Program tersebut secara otomatis menitik beratkan pembangunan sumber daya manusia hingga pedesaan.

Sehingga GPMB bersama Pemerintah Daerah bisa bersinergi menciptakan dan menggerakkan literasi lewat aneka kegiatan kemandirian dan kreativitas masyarakat yang berdampak pada perbaikan kesejahteraan sehingga terwujud Paser Maju, Adil dan Sejahtera (MAS).

Sementara itu Ketua GPMB Kecamatan Tanjung Harapan Norman, mengatakan sangat mendukung dengan adanya GPMB di Kecamatan Tanjung Harapan karena akan membantu masyarakat umumnya dan anak-anak sekolah khususnya dalam meningkatkan minat baca.

Mengingat sekarang ini dirasa budaya baca itu semakin kurang.

“Tentunya, saya akan segera menyusun program kerja salah satunya segera menyusun Pengurus GPMB di 7 Desa di Kecamatan Tanjung Harapan, dan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Tanjung Harapan,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *