Wujudkan Generasi Paser Berkarakter Islami, HIMPAUDI Paser Gelar Manasik Haji Cilik

TANA PASER, MCKabPaser – Ratusan anak-anak PAUD yang tergabung pada Kelompok Bermain se Kabupaten Paser  mengikuti manasik haji cilik yang digelar Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), di lapangan Masjid Agung Nurul Falah, Tanah Grogot, Rabu (27/8/2022).

Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Paser H. Sukardi saat membuka secara resmi kegiatan manasik haji cilik mengatakan, kegiatan manasik haji cilik ini bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak bagaimana rangkaian melaksanakan rukun Islam yang kelima, sehingga anak-anak dapat memahami dan tertanam dipikirannya dan kelak saat dewasa akan melaksanakan Ibadah Haji.

“Terimakasih kepada Himpaudi Paser dan Kepala Sekolah dan Pendidik PAUD serta orang tua yang telah mendukung kegiatan manasik haji ini” Kata Sukardi.

Ketua HIMPAUDI Kabupaten Paser, Muahammad Sukrani, SE, M.Pd  dalam sambutannya  mengatakan kegiatan manasik haji cilik setelah vakum dua tahun ini, diharapkan bisa membentuk karakter anak Islami, sholeh dan sholehah serta berakhlak, yang mengenal ibadah haji dengan rangkaiannya diketahuinya.

“Jadi bukan hanya materi saja tapi langsung dipraktekan melalui manasik haji cilik ini” ujarnya.

Ia menambahkan manasik haji cilik ini  dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak didik soal ibadah haji.

“Mari kita kenalkan anak-anak kita akan Ibadah Haji, ini akan tertanam di pikiran  mereka akan pentingnya melaksanakan ibadah Haji ” kata Sukrani.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, seluruh panitia HIMPAUDI, Kepala Sekolah, Pendidik dan orang tua/wali atas dukungannya sehingga terlaksananya kegiatan ini yang selama dua tahun tidak bisa terlaksana karena pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, suasana ini pasti sangat dirindukan kita semua, sebenarnya ini kegiatan rutin tahunan, karena pandemi covid-19 sempat tidak terlaksana selama dua tahun,” ucapnya.

Dalam rangkaian acara tersebut, anak-anak terlihat antusias melakukan prosesi manasik haji cilik ini, yang langsung di pandu oleh Kementerian Agama Kabupaten Paser.

Beberapa dari mereka begitu serius menikmati setiap cara bagaimana menjadi haji/hajjah yang baik.

“Saya sangat bangga  dan menilai luar biasa atas antusias peserta manasik haji cilik yang diikuti ratusan anak didik KB  se Kabupaten Paser, ini merupakan usaha kita untuk menciptakan generasi Paser yang  hebat, sehat, cerdas dan berahlaq mulia menuju Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera),” kata Sukrani mengakhiri sambutannya.

Wujudkan Generasi Paser yang Berkarakter Islami, HIMPAUDI Paser Gelar Manasik Haji Cilik

Total Views: 26 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *