Perangkat daerah dan Desa di Paser Wajib Dukung Program PKK

TANA PASER, MCKabPaser – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Paser menggelar acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke -49 Provinsi Kaltim, di Aula pertemuan PKK sejak 27-29 September 2021.

Peringatan HKG PKK dilaksanakan secara offline dengan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut dihadiri ketua PKK kecamatan se-Kabupaten Paser dan peserta lomba dari masing-masing kelompok kerja (Pokja). Selain itu turut hadir ketua Pokja PKK, para Kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Paser.

Ketua PKK Kabupaten Paser Sinta Rosma Yenti dalam sambutannya mengingatkan mengatakan HKG merupakan momen kembalinya ruh PKK sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga.

“Artinya keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus diberdayakan. Karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat sehingga apabila keluarga-keluarga bisa kita berdayakan, berarti Gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Sinta.

Gerakan PKK, lanjut Sinta, menjadikan keluarga yang berdaya dan sejahtera yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya.Untuk mewujudkan itu, Sinta perangkat daerah, kecamatan, kelurahan/desa, untuk memfasilitasi terlaksananya kegiatan-kegiatan PKK dalam mendukung Paser MAS ( Maju, Adil dan Sejahtera).

“Sebagai Visi Bupati Paser kita harus dukung sepenuhnya dengan semangat pembaharuan dalam Gerakan PKK dan menjadi titik tolak kita untuk memompa semangat pembaharuan dengan mengembangkan daya kreasi dan kreatifitas kita dalam pemberdayaan keluarga dalam arti luas,” papar Sinta.

Sementara Ketua Panitia HKG ke-49 Kasrani menyampaikan tema HKG PKK Ke 49 yakni “Meningkatkan Motivasi, semangat Pemberdayaan Keluarga untuk Mewujudkan Paser Mas”.

Adapun peserta HKG berasal dari 10 Kecamatan se Kabupaten Paser dari Pokja 1,2,3 dan 4, adapun lomba HKG yaitu Penyuluhan Tertib Administrasi Dasa Wisma, Penyuluhan PAAR, Penyuluhan BKB, UP2K, Pashion Show, dan Penyuluhan Stunting.

“Tujuan HKG adalah ajang silaturrahmi sekaligus memasyarakatkan Gerakan PKK sebagai gerakan dari oleh dan untuk masyarakat, meningkatkan pemahaman tentang keberdaan PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga serta meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota, kader PKK serta masyarakat untuk aktif mendukung kegiatan PKK,” kata Kasrani.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *