DTPH Paser Kembangkan Durian Varietas Musangking dan Gelapir

Tana Paser – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser mengembangkan tanaman durian varietas Musangking melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Kepala DTPH Paser Erwan Wahyudi mengatakan sebanyak 1.994 pohon diberikan kepada petani di Desa Putang Kecamatan Long Kali.

“Kami juga menyerahkan 2.000 pohon varietas gelapir bantuan dari APBN untuk petani di dua Desa Gunung Putar dan Desa Mendik. Masing-masing dapat 1.000 pohon,” kata Erwan, Selasa (4/10).

Pada APBD Perubahan Kabupaten Paser, DTPH Paser juga akan memberikan 950 pohon durian untuk petani di Desa Tanjung Pinang.”Usulannya lewat Musrenbang Kecamatan,” ungkap Erwan.

Pengadaan tanaman buah durian pada tahun ini, kata Erwan, adalah program pengembangan seperti yang sebelumnya pernah dilakukan di Kecamatan Batu Engau dan Long Ikis.

“Yang pernah kita kembangkan di Long Gelang Kecamatan Long Ikis. Untuk yang di Batu Engau tersebar di beberapa desa,” ucap Erwan.

Dikemukakan Erwan masa panen durian bervariasi tergantung dari varietas durian yang ditanam, umumnya masa panen 4 – 5 tahun.

Ia mengatakan baik varietas Musangking maupun gelapir keduanya adalah benih unggulan nasional. DTPH Paser memperoleh benih hasil okulasi itu dari petani Magelang yang telah bersertifikat.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *