Pemkab Paser Gelar Evaluasi Program Menuju Smart City Tahun 2022

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Diskominfostaper Paser menggelar evaluasi program gerakan menuju kota cerdas (Smart City) secara daring di Pendopo Loa Bapekat, Selasa (04/10/2022)

Sekretaris Daerah Paser Katsul Wijaya mewakilkan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli membuka kegiatan tersebut serta dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Paser Hendra Wahyudi, Kepala Diskominfostaper Ina Rosana, Inspektur Inspektorat Dharni Haryati, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Muksin, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Suwito, Kepala Dinas Kesehatan dr. I Dewa Made, Kepala Badan Pendapatan Daerah Abdul Basyid, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yunus Syam, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Hairul Saleh, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Ir. Hasanuddin, Camat Tanah Grogot Muhammad Guntur dan Camat Long Kali Pujiono.

Selanjutnya bertindak sebagai evaluator program smart city Kabupaten Paser yakni, Dosen IT UI Dana Indra, Dosen IT Magister UGM Wing Wahyu Winarno, Bappenas Rizki Putra dan IKTI Hafni Septiana.

Sekda Paser Katsul Wijaya mengatakan Pemkab Paser serius mewujudkan pengembangan Paser Smart City. Pelaksanaan pembangunan dan pengembangan kawasan Paser Smart City terus direalisasikan.

Katsul menuturkan semua aktifitas masyarakat saat ini sudah banyak menggunakan teknologi seperti perekonomian, dan pendidikan. Kondisi Covid-19 juga membuat masyarakat berinovasi dan membuat terobosan agar dapat bertahan dan bersaing.

Pemerintahan daerah dituntut menyediakan layanan yang memiliki kemudahan akses agar dapat menyediakan informasi kepada masyarakat secara tepat, cepat dan efektif.

Konsep Smart City di era revolusi industri dan society telah menjadi keharusan dengan meningkatkan kecerdasan masyarakat yang menuntut adanya pembaharuan di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Bupati Paser kata Katsul meminta Perangkat Daerah harus berperan aktif dalam menyusun program menuju smart city.

“Semoga kita semakin kompak dan bersinergi terutama dalam mewujudkan Smart City di Paser,” kata Katsul.

Katsul juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Paser Ina Rosana yang terus mengawal komitmen Pemkab Paser dalam mewujudkan pengembangan kawasan smart city di Paser.

“Semoga dukungan kita dengan konsep smart city kawasan IKN berdampak nyata terhadap pembangunan dan kemajuan Paser dan Kaltim,” kata Katsul.

Sementara, Kepala Diskominfostaper Ina Rosana mengatakan Pemkab Paser telah menjadi salah satu kabupaten/kota yang telah terpilih menjadi smart city.

Dukungan Bupati Paser dan 41 Perangkat Daerah serta Camat dan keterlibatan pihak swasta dengan berbagai program dan inovasi daerah telah dilakukan.

Konsep smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang dalam membantu kegiatan dan memudahkan masyarakat mengakses informasi dengan berbagai aplikasi

“Utamanya dalam hal mengelola Sumber Daya yang ada
Secara efisien,” kata Ina.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Total Views: 16 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *