Empat Kelompok Tani di Paser Dapat Reward Karena Cegah Kebakaran Lahan

Tana Paser – Sebanyak empat kelompok tani di empat desa di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser mendapat reward atau penghargaan kepedulian terhadap pencegahan kebakaran lahan perkebunan.

“Desa yang mendapat penghargaan yakni Desa Bente Tualan, Desa Mendik, Desa Munggu dan Desa Muaratoyu di Long Kali,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser Djoko Bawono, Kamis (11/08).

Menurut Djoko empat kelompok tani tersebut berhasil menjaga wilayah desanya dari bahaya kebakaran lahan perkebunan di tahun 2021.”Penghargaan diberikan kepada kelompok tani peduli api,” sebut Djoko.

Dikemukakannya pemeliharaan kebun dari kebakaran telah diatur pada Perda Nomor 7 tahun 2018 tentang Pembangunan Perkebunan berkelanjutan.

Penghargaan diberikan, karena mereka telah menjaga desa mereka tidak ada kebakaran, dengan syarat bebas titik api yang dipantau melalui satelit yang dipantau oleh perusahaan dan pemerintah.

Empat Desa yang menerima penghargaan tersebut sangat antusias dan berterima kasih kepada pihak perusahaan dalam hal ini PT. Muaratoyu Lestari.

“Diharapkan kedepannya masih mengadakan reward tersebut dan mengharapkan diadakan pelatihan pelatihan kebakaran oleh BPBD dan Manggala Agni serta bantuan kendaraan pemadam kebakaran agar memudahkan dalam penanggulangan kebakaran lahan dan kebun,” harap Djoko.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser mengapresiasi kepada semua pihak terutama PT. Muaratoyu Subur Lestari dalam hal reward tersebut.

Djoko juga berharap semua perusahaan Perkebunan yang beroperasi di Kabupaten Paser dapat melakukan ide serupa untuk memberikan semangat kepada masyarakat dan desa dalam hal menanggulangi kebakaran lahan dan kebun disekitar perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Penghargaan berupa uang diberikan PT Muaratoyu Subur Lestari. Masing-masing desa menerima uang sebesar Rp50 juta per kelompok yang diberikan oleh perusahaan tersebut.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *