Sambut Pangdam VI Mulawarman, Bupati : Pemkab Paser Lakukan Pemetaan Lahan Pertanian Dukung IKN

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menyambut Pangdam VI Mulawarman Mayor Jenderal Tri Budi Utomo beserta Ketua Persit KCK Daerah VI Mulawarman Ny. Rahma Tri Budi Utomo di Markas Kodim 0904/Psr.

Dalam kunjungannya itu ia memberikan arahan kepada unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait Pemilihan Umum 2024 agar selalu menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban di Kabupaten Paser.

“Selain itu, Pangdam VI Mulawarman juga menyampaikan tentang kesiapan ketahanan pangan Kabupaten Paser sebagai penyangga pangan IKN,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli usai jamuan bersama Pangdam VI Mulawarman dan unsur Forkopimda, di Markas Kodim 0904/Psr, Kamis (24/8/2023).

Menurut Fahmi Fadli ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketahanan pangan, diantaranya infrastruktur jalan, jembatan, kesiapan lahan, dan sumberdaya manusia.

Pihaknya akan melakukan secara perlahan dan mempersiapkannya satu persatu serta suatu hal yang penting yaitu masalah status lahan yang bebas dari Kawasan Cagar Alam (CA).

Dijelaskan dr. Fahmi berdasrkan informasi yang disampaikan Pangdam VI Mulawarman bahwa pada 17 Agustus 2024 dipastikan semuanya akan pindah ke Ibu Kota Nusantara, sehingga kita harus memikirkan kesiapan ke depan.

Oleh karena itu lanjut Fahmi, atas dukuangan PemKab Paser terhadap IKN, ia telah menginstruksikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura untuk memetakan lahan pertanian di Kabupaten Paser.

Dikatakan Fahmi, berdasarkan informasi yang diterima dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura pada 2024 Pemerintah Kabupaten Paser akan melakukan cetak sawah dengan luas lahan lebih kurang 9000 sampai dengan 13.000 hektare.

“Tapi tidak menutup kemungkinan kalau nanti usulan enklave dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam Kementrian Ligkungan Hidup dan Kehutanan pelepasan terkait Kawasan Cagar Alam bisa berhasil kemungkinan perluasan sawah akan bertambah,” ujar Fahmi.

Pada rangkaian kunjungan kerja tersebut sebelumnya pada Rabu (23/8/2023) malam, Pemkab Paser telah menggelar ramah Tamah dengan Pangdam VI Mulawarman bersama unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah dan DPC APDESI Kabupatten Paser.

Dalam kegiatan ramah tersebut Bupati Fahmi  menyampaikan bahwa hubungan Pemerintah Kabupaten Paser dan Kodim 0904/Paser selama ini berjalan dengan harmonis.

“Kami bersama dan bersinergi membangun Paser, solid dalam menghadapi pandemi Covid-19 dua sampai tiga tahun lalu, meningkatkan infrastruktur pedesaan melalui program TMMD, dan juga beberapa kegiatan lainnya,” ungkapnya. MC.Kab.Paser/Asm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *