Paparkan Kegiatan, Pemda Paser Dukung Kegiatan Yayasan Hutan Tropis

TANA PASER, MCKabPaser- Yayasan  Hutan Tropis  atau  Earthworm Foundation  melakukan  sosialisasi  rencana kegiatan yang akan dilakukan di Kabupaten Paser, di ruang rapat sadurengas  Selasa  (5/10/2021). Acara sosialisasi ini dibuka Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana mewakili Bupati Paser dan dihadiri Staf Ahli Bupati Paser Bidang ekonomi  Afra Naheta dan perangkat daerah.

Dalam paparan itu, disebutkan bawa Yayasan  Hutan Tropis yang bergerak di bidang sumber daya  selama 20 keberadaannya telah membantu perusahaan dan mitra lainnya dalam menangani  permasalahan lingkungan dan sosial yang ada di masyarakat.

” Untuk itu  kami meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi yang  andal harus dapat meningkatkan kehidupan petani dan pekerja, dan bahwa pertanian dan kehutanan dapat dan harus berkembang bersama, “Kata Pembina yayasan Hutan Tropis   Arif  Perkasa.

Selain itu Arif Perkasa menuturkan   penciptaan model pembangunan di Indonesia yang menyediakan lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi tanpa mengorbankan hutan atau keanekaragaman hayati negara sangat mungkin dilakukan.

” Untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi   tanpa mengorbankan  hutan  dan atau keanekaragaman hayati  kami menggunakan analisis satelit dan kunjungan lapangan untuk memahami situasi nyata di lapangan dengan intervensi khusus yang relevan dengan area atau konteks tertentu secara khusus, ,”katanya.

Sementara itu Plt Asisten Ekonomi Setda Paser Ina Rosana mengatatakan sosalisasi rencana kegiatan Yayasan Hutan Tropis sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Kabupaten  Paser  yaitu   mengurangi  ketimpangan antar wilayah melalui peningkatan aksesibilitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

“Namun dalam pembangunan sumber daya yang berkelanjutan ini, perlu kepedulian dan perhatian kita semua. bukan hanya mengejar ekonominya saja, tapi juga bagaimana keberlanjutan dari sumber daya yang kita miliki, “Kata Ina Rosana,

Pada kesempatan itu, Ina Rosana menyampaikan bahwa pemerintah  Daerah mendukung penuh kegiatan yang dilakukan yayasan hutan tropis kalimantan timur terhadap pembangunan perkebunan kelapa sawit, dikarenakan pertumbuhan ekonomi di kabupaten paser sebagian besar  ditopang  dari sektor  pertanian.

“Kami mendukung sosialiasi rencana kegiatan ini karena ini sangat penting   untuk pembangunan kelapa sawit, selain itu  sebagian  pertumbuhan ekonomi dari perkebunan sawit  secara sosial,”Kata Ina,

Ina Rosana mengharapkan sosialisasi rencana kegiatan ini, selain  bisa meningkatkan sektor  ekonomi  sosial  dari pembangunan kelapa sawit  juga dapat  melihat  efek  terhadap   kerusakan alam yang terjadi.

“Selain kita tingkatkan  dari sektor  sumber daya dari  pertanian khususnya kelapa sawit  tapi juga  melihat  efek    pada kerusakan alam disekitar  perkebunan masyarakat dan melakukan pencerdasan kepada sumber daya manusianya supaya terlindungi hak-hak masyarakat adat, masyarakat lokal, petani dan tenaga kerja ,”Ujarnya.

Sebelumnya, kata Ina, Pemkab Paser juga telah bekerja sama dengan beberapa yayasan  yang bergerak di bidang pertanian,  guna memecapai   sumber daya  yang bereklanjutan sehingga  meningkatkan   dari sektor  ekonomi  dan sosial.

“Pada tahun  2020 Pemkab bekerja sama dengan beberapa yayasan  seperti  Yayasan Kehati dan  yayasan Kawal Borneo, “Kata  Ina Rosana.

Pewarta : Risky, Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *