Tampung Hasil Produksi Petani, Pemda Paser Bangun Outlet Pangan

Tana Paser – Guna memberikan akses pasar lebih luas, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser memfasilitasi para petani dengan membangun outlet pangan di Jalan R.A Kartini Kecamatan Tanah Grogot.

“Outlet pangan tempat menampung hasil pertanian sehingga hasil produksi mereka bisa dipasarkan dan dinikmati masyarakat,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser, Taharuddin, Senin (19/6).

Produk yang dijual di outlet pangan merupakan hasil produksi pertanian seperti beras, sayuran, buah, cabe, tomat, dan  sebagainya.

Menurut Taharuddin selama ini petani mengalami kesulitan untuk memasarkan produk pertanian mereka.

“Adanya outlet ini memudahkan para petani memasarkan produk selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Petani yang mengelola outlet, kata Taharuddin, nantinya juga akan bermitra dengan Bulog, ID FOOD, BUMD Pangan, Distributor, Poktan/Petani/Peternak dan Pelaku Usaha Pangan lainnya untuk memasarkan bahan pangan pokok dan Produk olahan pangan Harga yang dijual tetap memerhatikan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Pemerintah.

Karena perannya juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selain sebagai wadah pemasaran hasil pertanian, oleh karena itu outlet pangan diharap juga berperan sebagai pengendali inflasi di daerah, yaitu menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan.

“Dengan harga yang terjangkau, komoditas pertanian dan bahan pangan pokok yang dijual memenuhi kebutuhan masyarakat dan mencegah kelangkaan, ini salah satu tujuan mencegah inflasi di Kabupaten Paser,” ucap Taharuddin.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *